Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengajak generasi muda untuk tidak memandang sempit pendidikan politik karena penting untuk memajukan Indonesia.
 
"Pendidikan politik jangan diartikan sempit karena pendidikan politik merupakan sebuah kebijakan publik yang memang bisa berpengaruh dan bermanfaat untuk masyarakat," kata Ferdiansyah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.
 
Pesan ini disampaikan Ferdiansyah saat mengisi Program Parlemen Kampus 2023 yang di selenggarakan Biro Humas dan Protokol Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI di Kampus STIA YPPT Priatim, Tasikmalaya,Jawa Barat, kemarin.
 
Ia mengatakan pendidikan politik menjadi tugas partai, namun menilai komponen masyarakat harus berperan dalam menyosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih karena manfaatnya akan dirasakan masyarakat.

Baca juga: Anggota DPR kenalkan pelajar kinerja legislatif dari dekat
Baca juga: Anggota DPR berikan pendidikan politik di Ponpes Batang
 
Misalnya, kata dia, di antaranya Sila Keempat Pancasila dalam konteks musyawarah untuk mufakat, yaitu untuk kepentingan rakyat atau kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
 
"Itu yang intinya ya, jadi melalui wakil-wakilnya inilah rakyat meminta agar memmbuat kebijakan yang berpihak kepada rakyat," ujarnya.
 
Untuk itu, Ferdi sapaan akrab Ferdiansyah menekankan pentingnya meningkatkan kesadaran politik bagi generasi muda Indonesia.
 
Politisi Dapil Jawa Barat XI ini mengimbau pihak kampus bahwa kegiatan ini bukan berhenti sampai di sini, namun ini sebagai awalan untuk menindaklanjuti kepada siapa yang diwakili atau mewakili perguruan tinggi untuk hadir sebagai peserta parlemen kampus program dari Kesetjenan DPR RI.
 
"Untuk mewujudkan visi Indonesia emas jangan hanya terpukau atau terbelenggu dengan pendidikan formal, melainkan mendorong untuk pendidikan nonformal dan pendidikan informal," kata Ferdi.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023