Jakarta (ANTARA) - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan selama empat tahun terakhir, termasuk kinerja tahun 2023, serta membangun strategi dan target untuk dituntaskan pada tahun 2024.

Menkumham Yasonna H. Laoly mengatakan evaluasi kinerja ini penting dilakukan dalam upaya menilai pencapaian selama periode tertentu. Selain itu, kata dia, evaluasi sangat vital sebagai pijakan untuk merencanakan strategi ke depan yang lebih efektif dan efisien.

“Coba kita lakukan (evaluasi) dari perjalanan panjang selama satu tahun kita melakukan kegiatan dan program. Kemudian mengevaluasi apa hal-hal yang perlu kita tindakl anjuti, apa hal-hal yang kurang, apa yang (perlu) disempurnakan, dan apa yang harus kita drop (buang),” kata Yasonna sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Selasa.

Yasonna mengatakan itu saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kinerja dan Refleksi Akhir Tahun 2023 serta Penyusunan Target Kinerja Tahun 2024 yang digelar di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menkumham Yasonna tekankan pentingnya keharmonisan dalam keberagaman
Baca juga: Yasonna waspadai adanya pelanggaran HAM terkait pengungsi Rohingya


Rakor kali ini, tambah Yasonna, merupakan kesempatan untuk saling berbagi, bertukar pikiran, berdiskusi menyusun strategi, dan mencari solusi dalam menyongsong agenda tahun 2024 dengan seluruh jajaran Kemenkumham.

Ia menekankan untuk memperhatikan beberapa hal dalam merencanakan strategi ke depan di kementerian yang ia pimpin, di antaranya urgensi memastikan strategi Kemenkumham telah sejalan dengan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah.

“Kita perlu memperhitungkan perubahan-perubahan di lingkungan eksternal yang dapat memengaruhi kinerja organisasi kita serta kita harus fokus pada penguatan kelebihan kita dan mencari cara untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang masih ada,” ujarnya.

Rakor Kemenkumham dilaksanakan selama empat hari, yakni tanggal 12 hingga 15 Desember 2023. Sebanyak 375 orang peserta hadir dalam rakor tersebut, terdiri atas seluruh pimpinan tinggi madya, staf khusus, dan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemenkumham.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023