Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyampaikan bahwa Calon Presiden Prabowo Subianto merupakan patriot sejati.

Hal ini dapat terlihat dari ide, gagasan dan pernyataan Prabowo dalam debat Capres pertama yang digelar KPU.

"Kita sama-sama menyaksikan Prabowo menyampaikan pesan pentingnya kerukunan dan persatuan untuk mencapai cita-cita Indonesia menjadi negara maju. Berkali-kali beliau menyatakan bahwa persatuan merupakan kunci untuk mewujudkan Indonesia maju serta Indonesia yang adil dan makmur," jelas Yandri dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu
 
Menurutnya, pernyataan dari Menteri Pertahanan itu hanya bisa dikeluarkan oleh seorang patriot sejati.

Baca juga: Prabowo: KIM siap lanjutkan fondasi yang dibangun para pendahulu
 
"Prabowo dalam debat tersebut mengingatkan kita semua bahwa jangan demi kepentingan pribadi dan golongan yang sifatnya sesaat kemudian kita memecah belah anak bangsa," ungkap Yandri
 
Secara keseluruhan Yandri menilai bahwa tampilan Prabowo dalam debat pertama ini sangat meyakinkan. Gagasan dan ide yang disampaikan bersifat konkrit utamanya statemen untuk melanjutkan keberhasilan Presiden terdahulu dan memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang.
 
"Tampilan Prabowo sangat meyakinkan. Ide dan gagasan yang disampaikan bersifat konkrit dan sangat tegas. Beliau berkomitmen melanjutkan keberhasilan presiden terdahulu serta memperbaiki hal-hal yang dirasa kurang," ujar Yandri.
 
Yandri juga melihat bahwa Prabowo sangat mengedepankan etika dan bersifat sangat rileks sehingga pernyataan-pernyataannya tidak ada yang bersifat tendensius kepada calon yang lain.
 
"Kita lihat Prabowo sangat mengedepankan etika kepada semua calon yang lain. Bahkan terlihat beberapa kali sangat rileks dalam menyikapi pertanyaan yang diberikan," tutup Yandri.
 
KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Ridwan Kamil sebut Prabowo paling jenaka saat debat perdana
Baca juga: Gibran enggan tanggapi debat perdana capres, serahkan warga menilai

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023