Los Angeles (ANTARA) - NASA, Axiom Space, dan SpaceX menargetkan peluncuran Misi Axiom 3 (Ax-3), misi astronaut swasta ketiga ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS), pada Januari tahun depan.

Keempat anggota kru tersebut adalah mantan astronaut NASA López-Alegría yang akan memimpin misi swasta itu, Walter Villadei asal Italia yang akan bertugas sebagai pilot, dan dua spesialis misi, yaitu Alper Gezeravci asal Turkiye serta project astronaut Badan Antariksa Eropa Marcus Wandt asal Swedia.

Misi itu akan diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA di Florida menggunakan roket Falcon 9 SpaceX dan wahana antariksa Dragon.

NASA menyampaikan, dalam misi itu, yang termasuk sekitar 14 hari di ISS, kru tersebut akan menyelesaikan lebih dari 30 eksperimen penelitian yang dirancang untuk mikrogravitasi, yang berkolaborasi dengan sejumlah organisasi di seluruh dunia.

Tujuan NASA adalah untuk memungkinkan pasar komersial yang kuat di orbit rendah bumi, di mana badan itu merupakan satu dari banyak pelanggan untuk industri swasta.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023