Kalau sertifikatnya tahun 2021, sudah bersertifikat Pemprov DKI
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat merobohkan beberapa bangunan liar di lahan seluas 13.989 meter persegi (m2) yang merupakan aset milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Jalan Flamboyan, RT 12/10, Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Hari ini kita mengamankan aset pemda untuk kita pagar seluas 13 ribu sekian (meter persegi)," kata Sekretaris Kota (Seko) Jakarta Barat, Indra Patrianto di lokasi pada Rabu.

Lahan tersebut, kata Indra, ditempati oleh beberapa orang yang mendirikan bangunan liar dan digunakan sebagai lahan parkir liar oleh oknum tak bertanggung jawab.

"Kita merobohkan beberapa bangunan liar yang mengokupasi lahan, tepatnya lahan SMK 53. Lahan ini kepemilikannya Pemprov DKI dan sudah dikelola oleh Dinas Pendidikan dan sudah dibangun SMK 53," kata Indra.

Indra mengatakan, lahan tersebut telah bersertifikat sejak tahun 2021 yang juga dijadikan dasar untuk melakukan pengamanan. "Kalau sertifikatnya tahun 2021, sudah bersertifikat Pemprov DKI," kata Indra.

Baca juga: Legislator minta DKI optimalkan aset milik negara setelah IKN pindah
Baca juga: Para lurah dan camat diminta perhatikan aset lahan milik DKI


Saat mengamankan aset tersebut, pihaknya mengerahkan 150 personel. "150 personel gabungan tingkat kota," kata Indra.

Indra mengatakan bahwa setelah pengamanan dilakukan, lahan tersebut akan dipasangi plang dan dipagari. "Pasca pengamanan dan pemasangan plang aset, selanjutnya lahan tersebut akan dipagar sehingga nantinya tidak lagi bisa dimasuki orang lain," kata dia.

Lurah Cengkareng Barat, Mustika Berliantoro mengungkapkan, untuk pengamanan aset lahan tersebut sesuai prosedur telah melayangkan surat peringatan SP I dan SP II kepada penghuni yang berada di lahan itu.

Lahan ini dimanfaatkan oknum sejak dua tahun lalu dengan dibuat bedeng-bedeng untuk disewakan jadi tempat parkir mobil dan tempat tinggal. "Dan penertiban dilakukan secara persuasif dan humanis sehingga berjalan lancar dan aman," katanya.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023