Kabupaten Bogor (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Ekabo, singkatan dari Eksplorasi Kabupaten Bogor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Cibinong, Bogor, Rabu, mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut sebagai alat promosi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

Aplikasi Ekabo, kata dia, juga dapat mempermudah para wisatawan yang hendak melancong dan mengeksplorasi pariwisata di Kabupaten Bogor.

"Aplikasi yang terkait pengembangan, peningkatan promosi dan informasi objek wisata yang ada di Kabupaten Bogor," ungkapnya.

Burhan menyebutkan, daerah Kabupaten Bogor kaya akan potensi wisata, baik wisata alam, wisata buatan, wisata budaya dan peninggalan, maupun wisata minat khusus.

"Sesuai tagline 'Sport and Tourism', pariwisata menjadi sektor unggulan Kabupaten Bogor yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan perekonomian daerah lebih cepat," kata Burhan.

Pemerintah Kabupaten Bogor juga terus berupaya mendorong elaborasi pariwisata dan ekonomi kreatif sejalan dengan konsep pariwisata 5A yakni, accommodation, accessibility, amenity, attraction and activity agar budaya, industri pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif bisa sama-sama berkembang.

“Potensi pariwisata di Kabupaten Bogor harus dipromosikan secara massif agar mampu menarik lebih banyak wisatawan demi menggerakkan industri pariwisata dan perekonomian di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Burhan mengapresiasi terobosan Disbudpar meluncurkan aplikasi Ekabo. Ia berharap dengan aplikasi tersebut semakin banyak wisatawan berkunjung ke Kabupaten Bogor.

Ia juga mengingatkan bahwa Disbudpar Kabupaten Bogor harus memantau efektifitas aplikasi Ekabo agar selalu diperbarui dengan fitur-fitur yang menarik, sehingga dapat berfungsi optimal sebagai sarana promosi digital pariwisata.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Budi Cahyadi Wiryadi menjelaskan, di era digitalisasi ini, kemudahan pelayanan informasi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif adalah suatu tuntutan untuk pemenuhan informasi yang diperlukan oleh masyarakat.

“Era digitalisasi sekarang begitu banyak aplikasi yang memberikan kemudahan bagi kita khususnya calon wisatawan yang akan berpergian ke wilayah Kabupaten Bogor. Baik dalam rangka liburan, bisnis, atau berolahraga,” jelas dia.

Budi menerangkan bahwa saat ini aplikasi Ekabo memuat 1.783 lokasi wisata yang tersebar di Kabupaten Bogor, dan jumlahnya terus bertambah.

Baca juga: Pemkab Bogor raih predikat "Sangat Baik" Anugerah Meritokrasi 2023
Baca juga: BPTJ yakin Skybridge Bojonggede meningkatkan minat naik KRL
Baca juga: Pemkab Bogor bagikan 28.060 Kartu Bogor Cerdas

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023