Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa tugas pemerintah adalah memberikan kesempatan atau ruang bagi anak-anak muda untuk dapat masuk ke dalam sistem pemerintahan.

“Tugas kami adalah memberikan ruang yang fair (adil) pada kalian (anak-anak muda) agar kalian bisa masuk di sini (pemerintahan),” kata Ganjar dalam wawancara khusus di kediamannya, Jalan Taman Patra Raya, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu.

Walaupun demikian, kata dia, anak-anak muda harus berproses terlebih dahulu seperti yang pernah dilakukan oleh dirinya dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md.

“Bagaimana kami (Ganjar-Mahfud) harus mendapatkan pekerjaan tanpa mendapatkan banyak fasilitas? Kami lakukan, kami berproses panjang, kami kasihkan contoh. Maka kamu anak muda, kamu bisa,” katanya.

Ganjar juga mengatakan bahwa dirinya dan Mahfud bukanlah sosok dengan keluarga yang berprivilese. Ia mengingatkan bahwa latar belakang keluarganya tersebut pernah diungkapkan dalam debat perdana yang mempertemukan antarcapres pada Selasa (12/12) malam.

“Hai anak muda, tadi malam saya sampaikan bapak saya ini polisi, pangkatnya tidak tinggi, yang bekerja di level kecamatan. Baru mau pensiun saja masuk di kabupaten. Pak Mahfud juga sama, bapaknya pegawai kecamatan. Maka saya katakan, kalau dalam momen yang sama, di tempat yang sama, rasa-rasanya kami ini anak-anak forkompimcam, forum koordinasi pimpinan di kecamatan levelnya,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa dirinya bukanlah seorang elite karena memahami mengenai perjuangan seorang anak muda.

“Jadi kami ini sudah terbiasa bertemu dengan kondisi-kondisi keseharian yang ada di bawah. Di bawah, bukan elite. Maka kalau kemudian kita merasakan bagaimana kita berjuang untuk merasakan rasa kenyang, kami berjuang,“ kata mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar evaluasi parpol koalisi: Ada yang bagus, ada yang perlu dibantu

Baca juga: Relawan Penerus Negeri rekomendasikan kebijakan untuk Prabowo-Gibran

Baca juga: TKN sebut bahasa Prabowo saat debat mudah dimengerti masyarakat


 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023