Kalian telah digembleng di Kawah Candradimuka di Lembah Tidar dan telah memiliki jati diri TNI yang merupakan tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin upacara pelantikan 134 perwira karier TNI yang terdiri atas para dokter umum dan dokter gigi di Lapangan Tridek, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis.

Dari jumlah itu, TNI Angkatan Darat menjadi matra terbanyak yang menerima dokter baru yaitu sebanyak 62 orang, terdiri atas 55 dokter laki-laki dan tujuh dokter perempuan, diikuti TNI Angkatan Laut yang menerima 54 dokter baru, terdiri atas 36 dokter laki-laki dan 18 dokter perempuan, dan TNI Angkatan Udara yang menerima 18 dokter militer baru, terdiri atas 13 dokter laki-laki dan lima dokter perempuan.

“Kalian telah digembleng di Kawah Candradimuka di Lembah Tidar dan telah memiliki jati diri TNI yang merupakan tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional,” kata Laksamana Ali membacakan sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat upacara.

Baca juga: Perwira keturunan Tionghoa pilih abdikan diri jadi dokter militer

Baca juga: Kisah Letnan Dua dr Dita di Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan TNI


Panglima TNI berhalangan hadir karena dia masih mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke beberapa daerah.

Terlepas dari itu, Panglima dalam sambutannya yang dibacakan Kasal, tetap menyampaikan pesannya kepada para perwira remaja yang dilantik hari ini agar mereka tidak hanya menjadi prajurit TNI yang biasa-biasa saja, tetapi harus berprestasi dan unggul di lingkungan kerjanya nanti. Di luar itu, Panglima mengingatkan mereka harus menjunjung tinggi kejujuran, keberanian, ketulusan, dan senantiasa ikhlas dalam bekerja.

“Untuk itu, Kode Etik Perwira, Budi Bakti Wira Utama, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit, serta 8 Wajib TNI harus menjadi karakter dan jati diri dalam kehidupan keprajuritan dan selalu melekat dalam setiap pelaksanaan tugas di mana pun kalian ditugaskan nantinya,” kata Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan Laksamana Ali.

Dalam sambutan yang sama, Panglima juga meminta para dokter militer baru itu senantiasa menjaga disiplin dan memelihara budaya belajar.

“Sebab, hanya dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan, yang dilandasi dengan disiplin, kalian akan mampu menghadirkan kerja cerdas bagi keberhasilan setiap pelaksanaan tugas,” kata Panglima TNI kepada 134 perwira remaja yang dilantik hari ini.

Dalam upacara, dua perwira menjadi sorotan karena mereka berhasil meraih titel sebagai lulusan terbaik. Keduanya, yaitu drg. Dino Febriansyah Sitorus dari matra darat dan dr. Wira Veronica dari matra laut. Dino merupakan lulusan program studi kedokteran gigi dari Universitas Sumatera Utara, sementara Wira merupakan lulusan program studi kedokteran umum dari Universitas Sriwijaya di Palembang, Sumatera Selatan.

Usai upacara, para dokter itu pun resmi menyandang pangkat letnan dua, dan langsung bertugas di matra-nya masing-masing.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023