Jakarta (ANTARA) - Kodim 1811/Teluk Wondama melakukan anjangsana dan bakti sosial ke beberapa kampung yang berada di Kabupaten Teluk Wondama, pada 13-14 Desember 2023, dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika 2023 dan HUT ke-7 Kodam XVIII/Kasuari.

Kegiatan itu dilaksanakan di empat distrik dan lima kampung, yaitu Kampung Wombu, Kampung Yopanggar, Kampung Windesi, Kampung Yawore, dan rumah singgah di Kampung Oyaa, yang merupakan pemukiman terpencil di Kampung Iriati, Distrik Wasior.

"Terkait peringatan kedua hari besar di lingkungan TNI AD dan Kodam XVIII/Kasuari itu, kami mengadakan anjangsana dan bakti sosial itu, di antaranya menyalurkan sembako yang kami harapkan dapat membantu meringankan beban warga setempat menjelang Natal 2023," kata Komandan Kodim 1811/Teluk Wondama Letnan Kolonel Infantri Budi Setiadi, dari Teluk Wondama, Papua Barat, Kamis.

"Ini juga bentuk kepedulian kami sebagai anggota TNI dan sesama anak bangsa Indonesia serta juga bentuk komunikasi sosial kami kepada rakyat di wilayah tugas kami. Kami ingin menyapa rakyat kita," katanya lagi.

Pada bakti sosial itu, dia mengerahkan 50 anggota TNI yang disebar ke lima tempat tujuan itu. "Kami juga berkoordinasi dengan pemerintahan setempat, di antaranya kepala distrik dan kepala kampung. Mereka juga bersama-sama dengan kami dalam melaksanakan aksi sosial ini," kata perwira menengah TNI AD yang pernah tergabung dalam Batalion Infantri 742/SYB itu.

Beberapa lokasi distrik dan kampung itu cukup terpencil dan cukup jauh dari markas komando satuan kewilayahan itu, kata dia, sehingga mereka mengawali dengan patroli kewilayahan memakai sepeda motor dan kapal cepat.

"Kami ingin warga merasa semakin aman dan nyaman di kampungnya, sehingga mereka semakin lancar dalam berkegiatan agar perikehidupan di sana semakin baik dan semakin baik lagi," kata Budi.

Untuk memberi semangat dan nuansa tersendiri pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, dia mengatakan "Ada juga beberapa anggota kami yang membagi-bagikan bingkisan memakai kostum Sinterklas. Warga setempat antusias dengan kehadiran kami. Kami juga berterima kasih kepada warga atas sambutan yang baik ini."

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023