Kabupaten Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Jawa Barat menyiapkan tambahan anggaran sebanyak Rp500 miliar per tahun untuk perbaikan infrastruktur di daerah itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Terutama untuk dana pembangunan infrastruktur akan ditambah Rp500 miliar dari APBD 2024," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna di Kabupaten Bandung, Kamis.

Dadang menjelaskan penambahan anggaran tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk perbaikan jalan.

untuk perbaikan jalan sepanjang 1.160 kilometer dengan dibutuhkan anggaran sebesar Rp1,8 triliun.

Menurut dia, apabila perbaikan jalan tersebut dapat diselesaikan dalam lima tahun, maka dibutuhkan anggaran Rp500 miliar setiap tahunnya.

Baca juga: Kota Bandung jalin kerja sama dengan dua daerah untuk ketahanan pangan

“Penambahan ini agar bisa mempermudah dan mempercepat perbaikan jalan di Kabupaten Bandung, supaya semua ruas jalan kabupaten berstatus jalan mantap," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan sepanjang tahun 2023 ini Pemkab Bandung telah melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 268 kilometer yang menjadi penghubung dan meningkatkan mobilitas perekonomian dan pariwisata.

Ia menambahkan Pemkab Bandung juga telah meningkatkan infrastruktur lainnya terhadap air minum layak dengan telah terpasangnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sebanyak 9.236 sambungan rumah.

"Kita harus melanjutkan pembangunan infrastruktur berbagai layanan masyarakat, seperti pembangunan rumah sakit di mana kita sudah menyelesaikan dua buah rumah sakit di tahun 2022 dan tahun 2023,” kata dia.

Selain itu, terkait penanggulangan bencana, pihaknya juga menyiapkan anggaran pekerjaan mendesak apabila sewaktu-waktu dibutuhkan pembiayaan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana.

"Anggaran pekerjaan mendesak ini sewaktu-waktu dibutuhkan yang sifatnya mendesak untuk masyarakat karena Kabupaten Bandung ini menjadi salah satu daerah rawan bencana," katanya.

Baca juga: KAI Bandung beri diskon 12.12 genjot penjualan tiket Natal-tahun baru

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023