Jayapura (ANTARA) - Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono mengatakan bahwa Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut X Jayapura  telah mengoperasikan tiga kapal TNI-AL (KAL) untuk mengamankan wilayah pantai utara Papua, termasuk perbatasan perairan RI-Papua Nugini (PNG).

Tiga kapal itu adalah KAL Python , KAL Kalahay dan KAL Lakahia.

Ketiga KAL yang dioperasikan itu reguler melakukan patroli di sekitar perairan RI-PNG dan pantai utara, kata Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono kepada Antara, Kamis di Jayapura.

Selain mengoperasikan KAL, pihaknya juga didukung dengan radar yang dibangun di Pos TNI-AL (Posal) di Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Radar tersebut senantiasa memantau perairan RI-PNG terutama antara Kota Jayapura (Papua)- Provinsi Sandaun (PNG).

Walaupun demikian, di sekitar perairan yang ada di Distrik Muara Tami banyak  pantai yang dapat dijadikan tempat pendaratan perahu motor yang membawa barang ilegal, baik dari wilayah RI maupun PNG.

Barang -barang ilegal yang didatangkan dari PNG diantaranya vanili, kayu masohi, pinang dan narkotika jenis ganja, sehingga pihaknya akan meningkatkan patroli untuk mengantisipasi makin maraknya barang tersebut masuk ke Jayapura.

"Mudah-mudahan dengan ditingkatkan patroli di sekitar perairan RI-PNG maka dapat menekan masuknya barang -barang ilegal, "kata Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023