Jadi untuk Fase 2A dari Bundaran HI menuju ke kota dari target perencanaan 27 persen, sekarang sudah mencapai 28,4 persen, lebih dari target, saya kira bagus
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan MRT Fase 2A dari Bundaran HI hingga ke kawasan kota di Jakarta, sudah mencapai 28,4 persen atau melebihi target.

"Jadi untuk Fase 2A dari Bundaran HI menuju ke kota dari target perencanaan 27 persen, sekarang sudah mencapai 28,4 persen, lebih dari target, saya kira bagus," kata Presiden usai meninjau proyek pembangunan MRT Fase 2A di kawasan Monas, Jakarta, Jumat.

Presiden juga menyaksikan bahwa pembangunan terowongan MRT di kawasan itu sudah selesai. Pemerintah akan segera meneruskan pembangunan MRT Fase 2B jalur kota menuju Ancol.

Presiden berharap MRT Fase 2 dari Bundaran HI-Ancol secara keseluruhan bisa berfungsi di tahun 2027.

Baca juga: Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Thamrin-Monas capai 65 persen

Baca juga: Progres pembangunan MRT Fase 2A Bundaran HI-Harmoni sudah 62 persen


"Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta, juga yang di bawah waktu membuat tunnel terowongannya juga bukan sesuatu yang gampang, memang ya progres-nya sudah di atas target," jelasnya.

Meskipun demikian dia menyebut tidak ada kendala dalam pembangunan proyek MRT Fase 2.

Adapun terkait pembangunan MRT dari kawasan timur menuju barat Jakarta, Joko Widodo mengatakan hal itu masih dalam proses perhitungan.

"Semuanya juga masih dalam proses. Segera diputuskan kalau hitung-hitungan, kalau kalkulasi studi-nya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Karena memang Jakarta membutuhkan transportasi massal yang terintegrasi, bukan sendiri-sendiri," ujarnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023