Sekitaran Labuan Bajo itu ada tiga yang favorit yakni Gua Batu Cermin, Puncak Waringin, dan Gua Rangko
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah memetakan tiga destinasi favorit yang bisa dikunjungi wisatawan untuk menikmati liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru) di Labuan Bajo.

"Sekitaran Labuan Bajo itu ada tiga yang favorit yakni Gua Batu Cermin, Puncak Waringin, dan Gua Rangko," kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, Pius Baut dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat.

Hal itu ia sampaikan merujuk pada data jumlah kunjungan wisatawan ke tiga destinasi wisata itu pada bulan-bulan sebelumnya yang tercatat cukup tinggi atau mencapai 1.000 kunjungan.

Untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan selama liburan nanti, kata Pius, para petugas telah diingatkan untuk memperhatikan berbagai fasilitas destinasi wisata yang ada.

Ia berpesan agar para petugas wajib menjaga kebersihan dan keamanan di lokasi wisata.

Pihaknya pun terus melakukan pemantauan sebelum liburan untuk memastikan tidak ada kendala di tempat wisata nantinya.

"Petugas tetap stand by termasuk pada hari libur," ucap Pius.

Dari segi tarif karcis masuk, Pius mengatakan tidak ada perbedaan baik pada hari libur maupun hari biasa.

Tarif karcis masuk lokasi wisata telah diatur dalam peraturan daerah sehingga tidak boleh ada pungutan di luar tarif yang telah ditentukan tersebut.

Ia meminta para calon wisatawan untuk tidak mempercayai agen perjalanan yang tidak resmi untuk menghindari penipuan saat melakukan perjalanan wisata.

"Ada karcis masuk resmi," katanya menegaskan.

Gua Batu Cermin dikenal sebagai destinasi wisata edukasi karena ada narasi sejarah yang terbangun turun temurun dan daya tarik berupa pantulan sinar matahari yang masuk ke sela-sela gua dan memantul layaknya cermin.

Angka kunjungan ke Gua Batu Cermin tercatat tinggi yakni mencapai 2.565 orang pada November 2023 dan 2.658 kunjungan pada Oktober 2023.

Selanjutnya Puncak Waringin terkenal sebagai lokasi berfoto dari atas ketinggian untuk melihat pesona laut Labuan Bajo. Jumlah kunjungan ke Puncak Waringin juga telah mencapai angka 3.727 kunjungan sejak dibuka untuk umum pada Agustus 2023.

Gua Rangko juga memiliki keunikan karena adanya danau air tawar yang tenang dan indah di dalam sebuah gua. Angka kunjungan ke Gua Rangko juga mencapai angka 1.705 orang pada November 2023 dan 1.748 orang pada Oktober 2023.

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan waspadai cuaca saat berwisata di Labuan Bajo
Baca juga: BPOLBF: 800.074 turis kunjungi Labuan Bajo selama Januari-11 Desember
Baca juga: BPOLBF ajak pengelola medsos-jurnalis promosi pariwisata Labuan Bajo

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023