Kami siagakan 12 unit kapal feri untuk membantu masyarakat di wilayah Kepulauan NTT ini,
Kupang (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur, menyiapkan 12 kapal penumpang untuk melayani pemudik selama arus mudik dan balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami siagakan 12 unit kapal feri untuk membantu masyarakat di wilayah Kepulauan NTT ini," kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang Sugeng Purwono di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan bahwa 12 kapal itu terdiri dari sembilan kapal ASDP, dua kapal BUMD dan satu kapal swasta. Sejumlah kapal itu secara umum siap untuk melayani masyarakat NTT.

Baca juga: ASDP: Trafik lancar sejak penerapan radius batasan pembelian tiket

Sugeng menambahkan bahwa tidak ada penambahan kapal lagi di setiap rute itu, sebab 12 kapal itu adalah kapal yang selama ini berlayar di NTT.

Namun ujar dia, penambahan rute bisa dilakukan tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan atau pelabuhan nanti bagaimana. "Misalnya jika Kupang Larantuka membludak maka ada kemungkinan akan dilakukan penambahan kapal dengan rute tersebut," ujar dia.

Dia menambahkan bahwa sejumlah kapal tersebut juga mampu menampung 100 kendaraan serta kendaraan roda empat sebanyak 25 kendaraan.

Terkait rute pelayaran yang selalu penuh atau padat setiap tahun , Sugeng mengatakan akan menambah trip atau kapal untuk mengantisipasi pertambahan jumlah penumpang.

Baca juga: ASDP tambah jadwal pelayaran Ternate-Tidore di puncak Harnus

Kapal-kapal yang ada di ASDP saat ini ujar dia akan dimaksimalkan untuk lintasan-lintasan tujuan yang biasanya mengalami peningkatan, misalnya Aimere, Larantuka, dan Sabu.

"Jalur-jalur ini yang sangat padat, baik  saat libur sekolah maupun Natal dan tahun baru Untuk jalur-jalur tersebut akan kami tambah trip atau penambahan kapal apa bila terjadi lonjakan penumpang," tambahnya.

Sugeng mengingatkan para calon penumpang bahwa saat ini pembelian tiket kapal dilakukan secara nontunai. Karena itu jika sudah sudah memiliki kartu dan belum memiliki saldo diharapkan bisa segera mengisi di sejumlah minimarket yang menyediakan pengisian dana secara elektronik.

"Hal ini untuk mencegah penumpukan saat pembelian tiket kapal di Pelabuhan Bolok," ujar dia.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023