Pak Jokowi di belakang Pak Ganjar
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Presiden Joko Widodo memberikan bantuan kepada Ganjar Pranowo, saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah, untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani di provinsi tersebut.

Hasto mengatakan hal itu guna menanggapi pernyataan Prabowo Subianto, saat debat pertama capres Pemilu 2024, yang menyinggung soal kelangkaan pupuk bersubsidi di Jateng saat Ganjar sebagai kepala daerah di provinsi itu.

"Itu, Pak Jokowi membantu Pak Ganjar. Pak Jokowi di belakang Pak Ganjar. Maka, ketika Pak Ganjar di NTT, kemudian Pak Jokowi ke NTT; itu kan artinya rakyat melihat Pak Jokowi di belakang Pak Ganjar," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Jumat.

Hasto mengatakan Jokowi langsung menjanjikan ketersediaan dan subsidi pupuk kepada petani. Dia menambahkan bahwa Ganjar berkomitmen untuk menyempurnakan dan memperbaiki kinerja yang sudah dilakukan Jokowi.

Baca juga: Ganjar ingatkan Prabowo soal kelangkaan pupuk di Indonesia

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar tentang 'KTP Sakti' ternyata senapas dengan apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Bahkan, dari polling yang kami lakukan, mencermati seluruh pemberitaan, suara-suara dari rakyat di dalam debat kemarin, menunjukkan bahwa Pak Prabowo bukanlah Pak Jokowi," ujar Hasto.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Soal pupuk langka di Jateng, Ganjar sebut Prabowo kurang piknik jauh
Baca juga: Presiden Jokowi janji tambah subsidi pupuk untuk petani

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023