Jakarta (ANTARA) - Pelatih Ganda Putra Pelatnas PBSI Aryono Miranat menilai penampilan perdana pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di World Tour Finals 2023 menjadi pengalaman bagus untuk mengembangkan kemampuan mereka.

Pelatih yang akrab disapa Koh Ar itu mengatakan, meski anak asuhnya itu tak lolos fase penyisihan grup, namun perjalanan Bagas/Fikri di World Tour Finals tahun ini akan berdampak pada kualitas mereka.

"Ini penampilan pertama Bagas/Fikri di BWF World Tour Finals 2023, mungkin ada rasa tegang dan gugup. Ini merupakan pengalaman yang bagus untuk mereka dalam menghadapi tekanan yang besar," ujar Aryono melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Ganda putra peringkat ke-10 itu gagal mengantongi satu kemenangan pun dari seluruh tiga kali pertandingan babak penyisihan Grup B di Hangzhou, China.

Pada partai pembuka, Rabu, Bagas/Fikri lebih dulu ditundukkan oleh rekan senegara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan kekalahan 14-21, 19-21.

Berlanjut pada partai kedua, mereka kembali didera kekalahan dua gim langsung ketika menghadapi Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, Kamis. Bagas/Fikri kalah dengan skor 9-21, 12-21.

Kekalahan mereka semakin lengkap melalui pertandingan ketiga hari ini. Pertemuan Bagas/Fikri dengan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen asal Denmark, berakhir dengan skor 17-21, 6-21.

"Di samping itu, dalam tiga pertandingan memang performanya kurang bagus, terutama hari ini. Faktor ketegangan tadi membuat mainnya semua serba salah. Menyerang salah, bertahan pun salah," tutur Aryono.

Aryono memaparkan, secara teknis Bagas/Fikri terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri dan kurang tenang dalam menerapkan pola permainan.

"Seharusnya tadi mereka bisa main lebih normal, enjoy saja karena sudah tidak menentukan (nasib mereka)," Aryono menambahkan.

Untuk selanjutnya, Aryono memberi masukan pada Bagas/Fikri untuk fokus pada permainan dan tidak terpengaruh dengan kondisi mental di lapangan.

"Bagas/Fikri harus belajar bagaimana mengesampingkan apa yang mereka rasakan tidak enak di luar maupun dalam lapangan, untuk benar-benar fokus ke pertandingan," pungkas Aryono.

Baca juga: Bagas/Fikri ingin rebut poin meski sudah tersingkir dari WTF 2023
Baca juga: Bagas/Fikri tampil lepas meski jadi debutan di World Tour Finals

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023