Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Jakarta Pusat mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 dari gudang di GOR Tanah Abang ke kecamatan-kecamatan di wilayah tersebut.

"Ini distribusi awal kita 'launching' untuk KPU Jakarta Pusat dari gudang kota ke kecamatan-kecamatan, dimulai Tanah Abang dan menyusul kecamatan-kecamatan lainnya," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat Efniadiyansyah di GOR Tanah Abang Jakarta Pusat, Jumat.

Efniadiyansyah menjelaskan bahwa logistik pemilu yang didistribusikan dari GOR Tanah Abang berupa bilik dan kotak suara. Untuk logistik lainnya berupa tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara akan didistribusikan secara bertahap.

KPU Jakarta Pusat (Jakpus) memiliki waktu hingga 25 Januari 2024 untuk mendistribusikan seluruh logistik dari gudang kota ke delapan kecamatan di wilayah tersebut.

Baca juga: KPU Jakpus gandeng Dinkes untuk beri layanan kesehatan petugas KPPS
Baca juga: Forkopimko Jakpus mendeklarasikan Pemilu Damai 2024


Peluncuran distribusi logistik perdana ini dimulai di Kecamatan Tanah Abang karena wilayah tersebut dinilai sebagai pusat perekonomian Ibu Kota.

Selain itu, Kecamatan Tanah Abang memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) kedua terbanyak dari delapan kecamatan di Jakarta Pusat, setelah Kecamatan Kemayoran. Sebanyak 128.786 warga terdaftar sebagai DPT di Tanah Abang.

Dalam distribusi logistik ini, Polres Metro Jakarta Pusat melakukan pengawalan melalui Operasi Mantap Brata yang tidak hanya membantu pengamanan di kantor logistik, tetapi juga gudang, percetakan hingga GOR penampung logistik pemilu.

"Hampir dua pertiga kekuatan kami atau sekitar 700 personil kami kerahkan untuk turun melakukan pengamanan, termasuk juga ada yang mendapat pengamanan dari Mabes Polri maupun Polda Metro Jaya," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023