Beijing (ANTARA) - Situasi ketenagakerjaan China mencatatkan performa yang stabil dan secara konsisten mengalami peningkatan, seperti disampaikan juru bicara (jubir) Biro Statistik Nasional China pada Jumat (15/12).

Tingkat pengangguran perkotaan yang disurvei di negara itu bertahan di angka 5 persen pada November untuk bulan ketiga, kata jubir Liu Aihua dalam sebuah konferensi pers.

Dari Januari hingga November, rata-rata tingkat pengangguran perkotaan yang disurvei mencapai 5,2 persen, 0,4 poin persentase lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut Liu.

Kondisi yang kondusif untuk menjaga stabilitas ketenagakerjaan terus terakumulasi meskipun ada kontradiksi struktural di pasar tenaga kerja, menurut Liu.

Pada tahap berikutnya, Liu menekankan pentingnya untuk memperkuat pelatihan kejuruan, mengoptimalkan layanan rekrutmen, serta mengadopsi langkah-langkah guna memastikan kestabilan lapangan kerja bagi kelompok-kelompok utama.

Mengenai tingkat pengangguran kaum muda, Liu menambahkan bahwa China sedang berusaha menyempurnakan metode perhitungan data, dan akan memberikan perkembangan terbaru setelah proses tersebut selesai.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023