Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan sebagai satuan kerja dengan Nilai Indeks Pembangunan Statistik yang baik dari Badan Pusat Statistik (BPS).

"Pemprov DKI Jakarta mendapatkan penghargaan terbaik kedua dari tiga provinsi yang meraih penghargaan Anindhita Wistara Data," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Jumat.

Predikat ini diraih berkat peraihan nilai 3,11 dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023.

"Kami bersyukur kerja keras Pemprov DKI dalam mengelola data berdasarkan prinsip Satu Data Indonesia (SDI) ini menghasilkan prestasi yang membanggakan," katanya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono agar pengelolaan data di DKI Jakarta terus menerapkan prinsip satu data.

Penghargaan yang diberikan dalam acara "Diseminasi Sensus Pertanian di Jakarta", Sigit menyebutkan, EPSS merupakan penilaian yang sistematis dan terukur melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral.

Baca juga: Wali Kota Jakut minta BPS bimbing pegawai olah data profil kelurahan
Baca juga: BPS DKI bakal manfaatkan "big data" lengkapi statistik resmi


Selain itu, Sigit menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI serius dalam mengelola data sektoral yang berlandaskan pada prinsip SDI. Hal tersebut dilakukan agar data yang dikelola menjadi terpusat dan berkualitas tinggi.

Dengan data berkualitas, diharapkan dapat mendukung perencanaan pembangunan yang lebih baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat Jakarta.

Menurut Sigit, penghargaan Anindhita Wistara Data dapat membangkitkan semangat aparatur DKI Jakarta untuk terus berperan aktif dalam memajukan negeri dan memberikan manfaat lewat pengelolaan data yang berkualitas.

“Kita tidak boleh berpuas diri dengan diraihnya penghargaan ini. Justru penghargaan Anindhita Wistara Data harus menjadi pemacu semangat lebih tinggi lagi bagi DKI Jakarta untuk meningkatkan pengelolaan data yang berkualitas," ujar Sigit.

Penghargaan Anindhita Wistara Data ini merupakan bentuk apresiasi BPS terhadap komitmen dan capaian kementerian atau lembaga atau pemerintah daerah dalam EPSS.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023