Palembang (ANTARA) - PT Pusri Palembang, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) menyebutkan pihaknya menyediakan pupuk urea bersubsidi sebanyak 200.862 ton untuk pupuk urea bersubsidi dan 36.021 ton untuk NPK bersubsidi.

"Hingga 11 Desember 2023, Pusri telah menyediakan sebanyak 200.862 ton untuk pupuk urea bersubsidi dan 36.021 ton untuk NPK bersubsidi," kata VP Humas Pusri Rustam Effendi dalam keterangannya di Palembang, Jumat.

Ia menjelaskan stok tersebut dipastikan telah tersedia di seluruh wilayah tanggung jawab penyaluran pupuk Pusri di antaranya Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, Bangka Belitung, Jawa Tengah, DIY, Bali dan beberapa wilayah di Jawa Timur.

Kemudian, Pusri mencatat telah telah menyalurkan 1.324.340 ton pupuk bersubsidi. Jumlah tersebut terdiri atas 1.324.340 ton pupuk urea urea dan 298.351 ton NPK. Di mana masing-masing telah terealisasikan sebesar 81 persen untuk urea dan 93 persen untuk NPK, dari amanat penyaluran pupuk subsidi oleh pemerintah.

Baca juga: Inovasi pangan bawa Bupati Jember raih penghargaan dari LKBN ANTARA

Baca juga: Pemprov Sumut: Penambahan pupuk bersubsidi positif untuk petani


"Dalam penyaluran pupuk, Pusri secara aktif berkolaborasi dengan pemerintah dan berbagai pihak lainnya untuk terus mengoptimalkan sistem distribusi pupuk subsidi memastikan ketersediaan pupuk yang baik dan meminimalkan gangguan distribusi yang terjadi selama musim tanam," cakapnya.

Ia mengatakan memasuki musim tanam, Pusri akan senantiasa memastikan ketersediaan dan kelancaran proses penyaluran pupuk terutama di wilayah tanggung jawab penyaluran Pusri.

Pusri memiliki 72 unit gudang penyimpanan pupuk, lima unit pengantongan di daerah, yaitu di Celukan Bawang, Cilacap, Surabaya, Meneng/Banyuwangi dan Perwakilan Semarang yang masing-masing dilengkapi Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri (DUKS).

“Pupuk bersubsidi hanya diberikan kepada petani yang berhak sesuai dengan Permentan No.10 Tahun 2022. Maka dari itu, kami menginformasikan untuk petani yang belum menebus pupuk bersubsidi dapat segera melaksanakan penebusan di distributor atau kios pupuk terdekat," ujarnya.

Pusri juga menyediakan pupuk non susbidi guna mengantisipasi kebutuhan petani. Di antaranya Pusri memiliki NPK Singkong, NPK Kopi dan produk inovasi lainnya.*

Baca juga: Pupuk Indonesia siap penuhi arahan Jokowi soal tambahan pupuk subsidi

Baca juga: Mentan tegaskan tidak ada kelangkaan pupuk subsidi jelang masa tanam

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023