Bekasi (ANTARA) - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai seorang politisi harus selalu belajar dan berangkat dari pengalaman agar cerdas merespons persoalan sehingga mampu melayani masyarakat dengan optimal.

"Memang untuk memahami ini perlu belajar dan perlu waktu, sehingga bisa cerdas melihat persoalan dan tidak bingung," ujarnya di sela-sela kegiatannya di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Menanggapi respons Kaesang Pangarep yang bingung terhadap posisi Ganjar karena tidak menyatakan melanjutkan atau perubahan pada debat perdana capres yang diselenggarakan KPU, Selasa (12/12) lalu, Ganjar mengatakan politisi tidak boleh bingungan.

"Politisi harus bisa merespons dengan baik. Kami cepat dan unggul," ucapnya.

Ganjar mengatakan politisi yang unggul adalah pribadi yang mau belajar terus menerus dari rakyat dan perkembangan yang terjadi di dunia. Prinsip long life learner ini bisa membuat politisi memahami persoalan dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku belum memahami posisi capres Ganjar Pranowo dalam hal melanjutkan atau melakukan perubahan dari pemerintahan yang sudah ada.

"Jadi, kalau ingin melanjutkan, pilih nomor 2. Kalau ingin perubahan, bisa pilih nomor 1," ujar Kaesang.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023