"Presiden-presiden yang dituduh diktator, bahkan bung Karno pun turun waktu MPRS, beliau turun dengan baik. Beliau kalau mau bisa bertahan. Pak Harto juga, semua presiden kita turun dengan baik, mau ada pergantian. Kita punya demokrasi, walaupun tida
Kota Bogor (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan bahwa demokrasi Indonesia sudah berjalan, meskipun belum sempurna sehingga jabatan kepemimpinan nasional selalu turun atau selesai dengan baik.

"Presiden-presiden yang dituduh diktator, bahkan bung Karno pun turun waktu MPRS, beliau turun dengan baik. Beliau kalau mau bisa bertahan. Pak Harto juga, semua presiden kita turun dengan baik, mau ada pergantian. Kita punya demokrasi, walaupun tidak sempurna, tetapi demokrasi berjalan saudara-saudara sekalian," kata Prabowo.

Kalau demokrasi tidak berjalan, kata Prabowo, tidak mungkin dirinya saat ini berdiri di podium konsolidasi Kopi Pagi. Kegiatan yang menggalang dukungan baginya maju menjadi Capres pemilu 14 Februari 2024.

Prabowo pun menyinggung soal Capres nomor urut 1 Anies Baswedan tentang demokrasi Indonesia yang terkesan kurang berjalan dengan baik saat debat capres beberapa waktu lalu.

"Kadang-kadang ada yang lupa, ada yang jadi gubernur lupa karena demokrasi. Jadi gubernur itu demokrasi. Jadi bupati demokrasi. Apalagi jadi gubernur yang usung oposisi lagi saudara-saudara. Ya saya, terpaksa saya juga nyindir-nyindir dikit. Boleh dong," ujar Prabowo disambut riuh pendukungnya.

Menurut Prabowo penjelasannya soal demokrasi merupakan bentuk demokrasi yang berjalan di negeri ini.

"Tapi saudara-saudara inilah demokrasi, iya kan. Hak menyatakan pendapat, pendapat saya seperti tadi itu. Pendapat saya, dengan segala kekurangan, Indonesia memiliki demokrasi saudara-saudara sekalian," katanya.

Ia menilai bahwa di dalam demokrasi selalu mungkin ada pihak yang ingin bermain-main soal demokrasi. Namun jika Indonesia ingin menjadi negara berkelas di dunia, maka harus bermain politik dengan baik.

"Apakah ada, orang-orang yang ingin main-main ya ada lah. Iya kan. Kita main sepakbola di kampung aja yang mau main curang. Iya kan. Wasit dikejar-kejar. Tapi kita harus membedakan. Kita mau main sepakbola tingkat RW, apa kita mau main sepakbola tingkat dunia. Kalau kita mau main tingkat dunia, mari kita main dengan baik, dengan bersih. Main dengan tidak ada kecurangan," kata dia.

Prabowo pun meminta para pendukungnya melaksanakan kampanye dengan baik tidak mudah terpengaruh oleh hasutan pihak lain.

"Saya minta kalau saudara-saudara sungguh-sungguh mendukung saya, marilah kita lanjutkan kampanye kita dengan baik, dengan santun, dengan dewasa, dengan tidak maki-maki. Tidak menghasut, kalau dihasut tenang saja," ujarnya.

 

 


 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023