"Saya menemukan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan,"
Balikpapan (ANTARA) - Calon Wakil Presiden pasangan nomor urut dua Gibran Rakabuming mengecek harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Pandansari di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu.

Menurut Gibran, mengecek langsung harga-harga bahan pokok di pasar itu sangat penting terlebih lagi menjelang Natal dan Tahun Baru. Berkunjung langsung ke pasar juga memberi banyak pengetahuan bagi pemimpin tentang dinamika masyarakat.

"Saya menemukan sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan," ungkapnya.

Dalam kunjungannya itu, Gibran juga menanyakan asal-muasal barang-barang yang dijual di Pasar Pandansari kepada para pedagang. Pasar Pandansari juga dianggap pasar induk di Kota Minyak.

"Hampir semua barang yang dijual berasal dari luar Kalimantan, seperti Jawa Timur dan Sulawesi," kata Gibran lagi. Karena itu Balikpapan sangat memerlukan rantai pasokan yang lancar agar harga-harga tetap stabil. Sedikit saja pasokan barang terganggu, harganya sudah bergejolak. Hal itu menjadi catatan bagi Gibran.

Dalam kesempatan tersebut, Cawapres dari Calon Presiden Prabowo Subianto itu tak sungkan saat di minta oleh para pedagang maupun pengunjung untuk berfoto bersama.

Gibran ke Pasar Pandan Sari bersama juru bicaranya Emil Dardak serta Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

Pasar Pandansari sendiri sedang dalam wacana revitalisasi karena keadaannya yang kumuh. Sebagian besar pedagangnya justru berjualan di luar gedung pasar, apakah di halaman atau pun bahkan di Jalan Pandansari.

Pemkot membuatkan sejumlah petak di halaman los ikan agar para pedagang sayur dan bumbu dapur yang berjualan di Jalan Pandansari masuk pindah ke halaman dalam. Namun juga tak semua pedagang mau pindah dengan berbagai alasan.

“Pelanggan kami tak mau repot masuk ke dalam pasar,” kata Taufik, penjual tahu-tempe di depan pasar. 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023