Pintu perlintasan dan pos jaga kereta api ini adalah ikhtiar memberi keselamatan dan keamanan pengguna jalan
Banyuwangi (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan pintu perlintasan sebidang kereta api dan Pos Jaga Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79 di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, Sabtu.

Peresmian pintu perlintasan kereta api itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemecahan kendi oleh Gubernur Khofifah didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

"Pintu perlintasan dan pos jaga kereta api ini adalah ikhtiar memberi keselamatan dan keamanan pengguna jalan," kata Gubernur Khofifah kepada wartawan di Banyuwangi.

Khofifah menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari akuntabilitas pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan keselamatan dan keamanan bagi pengendara lalu lintas.

Saat ini ada 22 perlintasan sebidang (perpotongan antara jalur kereta api dengan jalan) yang ada di jalan provinsi se-Jawa Timur. Dengan peresmian di perlintasan Singojuruh itu, maka semua perlintasan sebidang di jalan provinsi, kini sudah dilengkapi fasilitas keamanan yakni berpalang pintu dan dilengkapi pos jaga.

Gubernur juga mengajak semua pemerintah daerah di Jatim untuk melakukan percepatan melengkapi fasilitas keamanan di perlintasan KA sebidang.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan terima kasih atas fasilitas perlintasan sebidang tersebut, karena sangat bermanfaat dalam memberikan keselamatan bagi pengendara lalu lintas di Banyuwangi.

"Alhamdulillah menjelang liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, masyarakat akan semakin aman dalam berkendara terutama di musim liburan. Terima kasih sekali lagi pada gubernur dan Pemprov Jatim," katanya.

Tahun ini Banyuwangi mendapatkan bantuan pembangunan pos jaga dan pintu palang KA dari Pemprov Jatim untuk tiga titik lokasi perlintasan sebidang di jalan Kabupaten.

Pada 2024 mendatang juga akan mendapat bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk pembangunan fasilitas yang sama di tiga lokasi lainnya.

Bupati Ipuk menyebut Pemkab Banyuwangi terus berupaya melengkapi fasilitas keamanan semua perlintasan sebidang yang ada di Banyuwangi.

"Kami akan terus melakukan dan melengkapi semua perlintasan KA, termasuk juga memberdayakan sukarelawan keamanan untuk menjaga perlintasan," katanya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023