Beijing (ANTARA) - Sektor fotovoltaik (photovoltaic/PV) China membukukan kinerja yang kuat pada periode September hingga Oktober tahun ini, dengan produk-produk utama dari rantai industri mencatatkan pertumbuhan keluaran yang cepat, menurut data resmi.

Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, negara itu memproduksi 236.600 ton polisilikon dalam periode dua bulan tersebut, meningkat 90 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Keluaran wafer polisilikon meningkat 61 persen dari tahun sebelumnya menjadi 87,95 gigawatt selama periode tersebut, sedangkan keluaran sel PV silikon kristalin mencapai 83,81 gigawatt, naik 78,7 persen (yoy).

Dalam 10 bulan pertama tahun ini, total nilai ekspor produk PV relevan mencapai 42,99 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.493), ungkap data tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, China mengalami pertumbuhan industri PV yang pesat di tengah upaya negara ini untuk mencapai transisi rendah karbon, yang meningkatkan permintaan dan pengembangan produk PV.

Selama 10 bulan pertama tahun ini, peningkatan kapasitas produksi listrik PV terpasang China mencapai 142 juta kilowatt.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023