Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo memimpin Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang yang digelar di Hotel The Okura, Jepang, Minggu.

Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan kehadiran Presiden Jokowi dalam agenda tersebut merupakan kegiatan pada hari kedua dalam lawatannya ke Tokyo.

Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi KTT sekitar pukul 09.50 waktu setempat, lalu disambut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan melakukan sesi foto bersama.

Baca juga: Jokowi dan PM Kishida bahas kerja sama bilateral hingga isu Palestina

Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Setelah itu, Presiden Jokowi, PM Kishida, bersama para pemimpin negara anggota ASEAN lainnya melakukan sesi foto bersama.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi tampak berdiri di antara PM Kishida dan PM Vietnam Pham Minh Chinh.

Baca juga: RI kantongi komitmen Jepang untuk lanjutkan pembangunan MRT Jakarta

Usai foto bersama, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya bersama-sama masuk ke ruang pertemuan untuk menghadiri KTT Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan memimpin bersama jalannya KTT tersebut, mengingat Indonesia masih memegang keketuaan ASEAN.

"KTT ASEAN-Jepang ini juga merupakan kegiatan besar terakhir keketuaan Indonesia di ASEAN," ujar Menlu Retno dalam keterangannya pada Sabtu (16/12).

Baca juga: Presiden Jokowi tiba di Tokyo Jepang untuk bertemu PM Kishida
Baca juga: Jokowi akan ajak Jepang berinvestasi di IKN
Baca juga: Jokowi pakai dasi kuning ke Jepang, wartawan tanyakan artinya

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023