Yogyakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengikuti prosesi kirab budaya Nitilaku 2023 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Minggu.

Berdasarkan keterangan tertulis TPN Ganjar-Mahfud, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengikuti kirab budaya dengan mengenakan busana khas suku Adat Dayak Kalimantan. Alasannya, saat ini sedang dibangun Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kehadiran Ganjar menjadi pusat perhatian dari para peserta kirab dan warga Yogyakarta. Mereka pun mengabadikan momen itu dengan berswafoto menggunakan kamera ponselnya.

Kegiatan bertajuk "Kenduri Kebangsaan" itu berkonsep mengenakan kostum busana adat nusantara dan pejuang kemerdekaan. Semua peserta mengikuti kirab berjalan kaki dua kilometer dari Boulevard sampai balairung UGM.

Di sela kirab, Ganjar mengatakan bahwa kegiatan rutin yang digelar tiap tahun itu memiliki spirit kerakyatan, yakni menyatunya keraton, kampus dan kampung.

"Nitilaku, itu bergabungnya antara kampus, keraton dan kampung. Inilah spirit kerakyatan dari UGM yang selalu bersama masyarakat mengembangkan potensi tentu ini spirit Indonesia," ujar Ganjar.

Selain itu, kirab budaya Nitilaku dengan kemeriahan busana nusantara itu menjadi momentum untuk mengingat sejarah.

"Selalu ingat sejarah, selalu ingat pesan guru-guru kita, bahwa kita pernah belajar di sini. Dan kita tidak pernah lupa sejarah itu agar kita selalu belajar untuk bijaksana," tambahnya.

Alumni Fakultas Hukum UGM itu menjelaskan bahwa pakaian adat suku Dayak dipilih dan dikenakan saat kirab kali ini.

"Ya, ini khas suku Dayak. Saya itu punya banyak pakaian adat, dan harus memilih satu untuk dipakai hari ini. Dan, kemarin saya baru dari sana (Kalimantan)," pungkas Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar ke Jogja dan Jateng, Mahfud ke Sumbar di hari ke-20 kampanye
Baca juga: Ganjar: Kita tidak ada beban masa lalu

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023