Nitilaku itu bergabungnya antara kampus, keraton dan kampung.
Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Kirab Budaya Nitilaku di Universitas Gadjah Mada (UGM), Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan wujud nilai-nilai kerakyatan untuk mengembangkan potensi yang ada di Kampus Biru maupun di masyarakat.

Ganjar yang merupakan lulusan Fakultas Hukum UGM itu juga mengatakan bahwa acara dalam rangka menyambut Dies Natalis UGM ke-74 itu merupakan wujud spirit atau semangat kerakyatan.

"Nitilaku itu bergabungnya antara kampus, keraton dan kampung. Inilah spirit kerakyatan dari UGM yang selalu bersama dengan masyarakat mengembangkan seluruh potensi," kata Ganjar dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Ganjar, acara yang diselenggarakan  Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) selalu menyenangkan, meskipun dirinya sedang cuti sebagai Ketua Umum Kagama.

"Tentu ini seluruh Indonesia pengda-pengda (pengurus daerah) berkumpul dan banyak selalu ide-ide yang muncul. Cuma karena saya memang posisinya sebagai ketua umum sedang cuti, jadi urusan formalnya ditangani teman-teman. Saya ikut mangayubagyo (menyambut bahagia) yang Nitilaku, selalu menyenangkan," kata Ganjar di UGM, Minggu.

Pada kesempatan itu, Ganjar mengenakan pakaian adat Dayak. Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut menjadi pusat perhatian para peserta Nitilaku yang ingin mengabadikan momen dengan dirinya.

Baca juga: Ganjar ikuti kirab budaya Nitilaku 2023 di Yogyakarta
Baca juga: Ganjar ke Jogja dan Jateng, Mahfud ke Sumbar di hari ke-20 kampanye


Adapun kegiatan Nitilaku tahun ini bertema "Kenduri Kebangsaan Merajut Tenun Ke-Indonesiaan", sebagai upaya untuk menjaga hubungan dengan Sang Pemilik Alam Semesta, memohon keselamatan, dijauhkan dari bencana dan segala keburukan yang bakal menimpa karena kealpaan manusia, sekaligus sebagai ruang kesadaran bersama untuk terus menjaga silaturahmi antara anak bangsa.

Sejak 2012, Nitilaku dipahami sebagai kegiatan kultural historis dalam bentuk pawai sebagai simbol sejarah berdirinya UGM. Para peserta Nitilaku mengenakan pakaian adat Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Nitilaku tahun ini dilakukan dengan kirab budaya oleh para peserta yang mengitari UGM. Titik awal kirab dimulai dari Bundaran UGM hingga berakhir di Balairung UGM.

Nitilaku kini bertransformasi menjadi peristiwa budaya yang terus mensinergikan potensi UGM, dengan masyarakat, komunitas, swasta dan pemerintah, dan menonjolkan unsur-unsur sejarah perjuangan dan kebangsaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Kampanye hari ke-20, Anies dijadwalkan kunjungi Provinsi Aceh
Baca juga: Hari ke-20 kampanye, Prabowo ke Jawa Timur dan Gibran ke Kalbar

 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023