Jakarta (ANTARA) - Barcelona gagal mendapatkan poin penuh seusai ditahan imbang Valencia 1-1 pada pekan ke-17 Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Valencia, Minggu dini hari WIB.

Pada pertandingan itu Barcelona sempat unggul terlebih dahulu melalui Joao Felix, namun Valencia dapat menyamakan kedudukan lewat Hugo Guillamon, demikian catatan La Liga.

Hasil tersebut membuat Barcelona masih tertahan di posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol dengan 35 poin dari 17 pertandingan, sedangkan Valencia berada di posisi 10 dengan 20 poin.

Secara statistik pertandingan Barcelona lebih unggul dibandingkan Valencia dengan mencatatkan 64 persen penguasaan bola serta melepaskan 16 tendangan yang delapan di antaranya tepat sasaran.

Meskipun begitu, Valencia yang lebih dulu memiliki peluang lewat tendangan Roman Yaremchuk yang masih dapat ditepis kiper Barcelona Inaki Pena.

Selanjutnya giliran Barcelona yang menciptakan peluang melalui tendangan dari luar kotak penalti Robert Lewandowski, akan tetapi dapat ditepis oleh kiper Valencia Giorgi Mamardashvili.

Barcelona kembali mendapatkan peluang, kali ini lewat tendangan voli Lewandowski setelah menerima umpan Ilkay Gundogan, namun kembali dapat dimentahkan Mamardashvili.

Memasuki babak kedua, Barcelona kembali menekan lini pertahanan Valencia dan memiliki peluang lewat tendangan Ilkay Gundogan yang masih menyamping dari gawang Valencia.

Barcelona akhirnya membobol gawang dari Valencia pada menit ke-55 setelah umpan tarik Raphinha dapat disambut oleh tendangan Joao Felix sehinagga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tertinggal satu gol, Valencia langsung merespon dan memberikan ancaman lewat tendangan Yaremchuk, namun bola tepat mengarah ke pelukan Inaki Pena.

Valencia sukses menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat Hugo Guillamon yang membobol gawang Barcelona lewat tendangan terukur di dalam kotak penalti pada menit 70.

Tak berselang lama, Barcelona memiliki peluang untuk kembali unggul melalui tendangan Ferran Torres, akan tetapi Mamardashvili dapat menghalau bola.

Pada sisa waktu pertandingan, Barcelona terus berupaya untuk mencari gol kemenangan, akan tetapi hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-1 untuk kedua tim tetap bertahan.

Selanjutnya pada pekan ke-18 Liga Spanyol, Barcelona akan menghadapi Almeria, Rabu (21/12) waktu setempat, sedangkan Valencia bertandang ke markas Rayo Vallecano, sehari sebelumnya.



Berikut hasil Liga Spanyol pekan ke-17:



Osasuna 1 - 0 Rayo Vallecano



Celta Vigo 1 - 0 Granada



Athletic Club 2 - 0 Atletico Madrid



Sevilla 0 - 3 Getafe



Valencia 1 - 1 Barcelona



Berikut jadwal pertandingan Liga Spanyol pekan ke-17:



Minggu (17/12)



Almeria vs Mallorca 20.00 WIB



Real Betis vs Real Sociedad 22.15 WIB



Senin (18/12)



Las Palmas vs Cadiz 00.30 WIB



Real Madrid vs Villareal 03.00 WIB



Selasa (19/12)



Girona va Deportivo Alaves 03.00 WIB.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023