Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden RI nomor urut 2 Prabowo Subianto mengapresiasi dukungan yang diberikan para nelayan dalam deklarasi yang digelar ribuan nelayan di Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari, Kota Tegal, Minggu.
 
"Pak Prabowo menyampaikan rasa terharu dan terima kasih yang tak terhingga kepada para nelayan di Tegal, Brebes, Pati, Batang hingga Semarang," kata Sekretaris Jendral Partai Gerindra Ahmad Muzani dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Minggu.
 
Muzani mengatakan bahwa Prabowo sudah membaca sejumlah keluhan para nelayan dalam mencari nafkah, salah satunya tentang kerugian yang dialami saat melaut karena modal dengan hasil tangkapan ikan yang didapat tidak setara.
 
Hal tersebut, lanjut Muzani, yang membuat penghasilan dan kesejahteraan nelayan di beberapa wilayah masih rendah.
 
"Nelayan itu kalau melaut satu minggu bekalnya solar, bekal makan, dan logistik lainnya. Ketika pulang hasil tangkap ikannya rata-rata bukannya untung malah buntung. Itulah masalah nelayan," ujar Muzani.
 
"Itu sebabnya kata Pak Prabowo nelayan rata-rata anaknya berat untuk sekolah tinggi. Nelayan kalau keluarganya sakit susah berobat. Nelayan anaknya sulit dapat kerjaan," lanjutnya.

Baca juga: Bersama nelayan hingga petani, Gaspro 01 dukung Prabowo-Gibran
 
Oleh karena itu, menurut dia, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran dipastikan akan menyejahterakan para nelayan agar produksi perikanan di Indonesia bisa lebih kuat.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo serahkan 10 perahu motor tunaikan janji ke nelayan Pangandaran

Pewarta: Walda Marison
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023