Gresik (ANTARA News) - Administrator Pelabuhan (Adpel) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menggelar mudik gratis bagi seluruh masyarakat yang akan menuju Pulau Bawean.

Kepala Seksi Kepelabuhanan Adpel Gresik, Nanang Afandi, Jumat, mengatakan kegiatan mudik gratis dilakukan dengan kerja sama Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jawa Timur.

"Kegiatan mudik gratis ke Pulau Bawean ini akan dilakukan menggunakan Kapal Motor Berkat Abadi yang diberangkatkan tanggal 31 Juli 2013 dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya," katanya.

Ia mengatakan masyarakat dapat mendaftar di Dishub dan LLAJR Jawa Timur Jalan Ahmad Yani, Surabaya untuk mengikuti mudik gratis itu, dengan membawa fotokopi kartu identitas serta kartu keluarga.

"Syaratnya cukup mudah, hanya dengan mendaftar ke Dishub Jatim membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga," katanya.

Kepala Dishub dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi mengatakan, kegiatan mudik gratis ke Pulau Bawean ini merupakan upaya Pemprov Jatim dalam memberikan layanan kepada warga Bawean yang hendak pulang ke kampung.

"Kita bekerja sama dengan Adpel Gresik, namun keberangkatannya tidak melalui Gresik melainkan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," katanya.

Ia berharap, masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik mudik gratis yang diberikan Pemprov Jatim, sehingga tidak ada lagi warga Bawean yang tidak pulang pada hari lebaran.

"Selama ini belum kita batasi jumlahnya dan masih membuka sebanyak-banyaknya, agar semua warga Bawean terakomodir pulang ke kampung," katanya.


Pewarta: Abd Aziz
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013