Libur panjang akhir tahun menjadi momentum bagi pelaku sektor pariwisata untuk memperkenalkan inovasi digital untuk pelayanan dan pengelolaan usaha
Jakarta (ANTARA) - Indonesia Digital Society Forum (IDSF) menekankan pentingnya memperkuat keandalan infrastruktur digital menjelang libur akhir tahun, khususnya di tiga sektor layanan publik yakni transportasi, pariwisata dan perbankan.

Founder IDSF Muhammad Awaluddin mengatakan hasil survei dari Kementerian Perhubungan menunjukkan pergerakan masyarakat pada liburan Natal 2023 dan tahun baru 2024 bisa mencapai 107,63 juta orang atau sekitar 40 persen dari total populasi nasional, dan angka ini meningkat signifikan 143,65 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

“Keandalan infrastruktur digital yang baik dan berbagai inovasi digital dapat memudahkan pelaku usaha di sektor transportasi, pariwisata dan perbankan dalam mengelola tingginya permintaan. Di sisi lain, digitalisasi juga memastikan kemudahan bagi masyarakat saat mereka melakukan perjalanan,” kata Awaluddin di Jakarta, Minggu.

Pada sektor pariwisata, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) itu menuturkan hotel dan berbagai jenis penginapan lainnya harus memperkenalkan inovasi digital dalam pelayanan dan pengelolaan bisnis.

Transformasi digital secara penuh dinilai akan memudahkan dan meminimalisir kesalahan dalam mengelola reservasi di tengah melonjaknya permintaan, mengatur keuangan, mengelola layanan dan sebagainya.

Digitalisasi di sektor pariwisata diharapkan dapat mendukung proses bisnis untuk lebih efektif dan efisien serta memastikan kenyamanan wisatawan saat libur akhir tahun.

“Libur panjang akhir tahun menjadi momentum bagi pelaku sektor pariwisata untuk memperkenalkan inovasi digital untuk pelayanan dan pengelolaan usaha,” ujarnya.

Di sektor transportasi, digitalisasi harus diterapkan secara masif mengingat adanya pergerakan ratusan juta masyarakat.

Digitalisasi penjualan tiket mutlak harus diterapkan di setiap moda transportasi agar manajemen penumpang dapat dilakukan dengan baik.

Operator moda transportasi pun harus meningkatkan pelayanan melalui infrastruktur digital sehingga misalnya bisa memberikan kepastian jadwal keberangkatan, kedatangan, kemudahan proses dan sebagainya.

“Tiga hal yang harus menjadi perhatian operator moda transportasi adalah reliability, availability dan serviceability dari infrastruktur digital. Selain itu, harus diantisipasi kemungkinan adanya serangan siber (cyber attack) yang bisa mengacaukan sistem transportasi seperti ticketing system, flight information system dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Sedangkan di sektor perbankan, layanan perbankan dituntut semakin cepat dan efisien menyusul pergeseran pola transaksi digital yang semakin cenderung digital dan nontunai (cashless).

“Layanan perbankan dituntut semakin cepat dan efisien, di mana pemanfaatan teknologi digital mampu mempercepat dan mempermudah segala layanan perbankan, seperti transfer atau penyaluran kredit,” katanya.

Digitalisasi perbankan pun mendorong adanya persaingan ketat dengan industri teknologi finansial, sehingga memberikan pilihan bagi masyarakat.

Pada periode libur panjang akhir tahun ini titik krusial perbankan ada pada layanan mobile apps, ATM, internet banking, mesin EDC, serta Cash Deposit Machine (CDM).

Untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan di sistem digital, IDSF mengharapkan para pelaku usaha di sektor transportasi, pariwisata dan perbankan dapat melakukan uji stres terhadap fasilitas digital (digital system stressed test) jelang periode sibuk Natal dan tahun baru.

Digital system stressed test untuk memastikan seberapa besar paparan beban yang dapat ditangani oleh fasilitas infrastruktur digital. Disamping itu juga dibutuhkan keandalan sistem melalui penerapan early warning system detection,” kata Awaluddin.

Baca juga: Telkomsel perkuat infrastruktur sambut libur Natal dan Tahun baru
Baca juga: AP II tingkatkan infrastruktur Soetta jelang libur Natal-Tahun Baru
Baca juga: Jelang liburan, PLN pastikan suplai listrik di Jakarta aman

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023