Magelang (ANTARA) - Puluhan petani di Magelang menghadang dan menghentikan mobil yang membawa Calon Presiden RI Ganjar Pranowo untuk mengadu soal kesulitan air irigasi.

Kejadian itu bermula saat Ganjar usai berkunjung dan berziarah ke makam pendiri Pondok Pesantren Al Ma'shum di Desa Sidoagung, kemudian melanjutkan safarinya ke daerah lain.

Sejumlah petani yang sedang berada di sawah sisi jalan, Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran langsung menghadang rombongan Ganjar. Mengetahui itu, politikus berambut putih turun dari mobil dan menemui para petani tersebut.

"Pak, petani di sini kesulitan mendapatkan air irigasi. Mohon solusinya," kata Anto, salah seorang petani.

Menurut dia, sawah di desanya selama ini mendapatkan air dari Sungai Loning yang berkilometer jaraknya. Namun, pada musim kemarau tidak ada pasokan airnya.

"Kalau mau ada Sungai Progo, ambilnya harus pakai pompa," lanjutnya.

Mustakim, petani yang lain, menambahkan bahwa sulitnya air irigasi mengakibatkan petani tidak bisa bertanam. Selama 1 tahun, hanya bisa menjalani masa tanam dua kali, itu pun kualitasnya kurang baik.

"Kami mohon ada solusi dari Pak Ganjar untuk memperjuangkan nasib petani," lanjut dia.

Setelah mendengarkan curhatan petani, Ganjar langsung meminta tim untuk segera mengecek dan berkoordinasi dengan petani guna mencari solusi.

"Saya punya banyak kawan yang tahu dan ahli dalam hal ini. Saya minta nomor dan nanti biar dihubungi kawan saya biar beres," ujar Ganjar.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud Md. itu memastikan keluhan para petani segera teratasi.

"Kawan saya itu sudah menghubungi perwakilan petani yang mengeluhkan soal air irigasi. Nanti biar diantar melihat langsung kondisinya," terangnya.

Setelah itu, Ganjar pun melihat langsung kondisi saluran irigasi di Desa Sumberarum.

"Tadi sudah dihubungi teman saya 'kan? Nanti biar ditangani," pungkas Ganjar kepada petani.

Baca juga: Di hadapan petani, Ganjar siap tambah kuota pupuk subsidi
Baca juga: Tiga banteng raksasa sambut Ganjar di Magelang


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023