Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (17/12), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Presiden paparkan prioritas kemitraan ekonomi ASEAN-Jepang

Presiden Joko Widodo memimpin agenda 4 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun Hubungan Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-Jepang, di Tokyo, Jepang, Minggu.

Berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, dalam agenda yang mengangkat tema "Partners for Co-Creation of Economic and Society of The Future" tersebut, Kepala Negara memaparkan sejumlah prioritas dalam kemitraan ekonomi ASEAN-Jepang.

Selengkapnya baca di sini

2. Inaya Wahid: Etika adalah cara menjaga harkat dan martabat bangsa

Putri Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Inaya Wulandari Wahid mengatakan bahwa etika adalah cara menjaga harkat dan martabat bangsa.

"Kalau hari ini ada calon penguasa, calon pemimpin, yang ditanya soal etik lalu kemudian dia kesal dan dijawab 'ndasmu (kepalamu) etik' maka kita tahu bagaimana ia meletakkan harkat dan martabat bangsanya," kata Inaya pada acara Haul Gus Dus ke-14 di Ciganjur, Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini

3. Mobil iring-iringan Anies Baswedan dikabarkan kecelakaan di Aceh

Iring-iringan mobil Calon Presiden RI Anies Baswedan dikabarkan mengalami kecelakaan saat rangkaian kegiatan kampanye di Aceh Timur, Aceh, Minggu.

Jubir Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Indra Charismiadji memastikan Anies dalam kondisi yang baik-baik saja.

Selengkapnya baca di sini

4. TKN sebut Prabowo rancang program sesuai peta jalan Indonesia 2045

Komandan Tim Fanta Digital Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Arif Angga, mengatakan bahwa calon presiden nomor urut 2 itu sudah merancang program pemerintah sesuai dengan peta jalan (roadmap) Indonesia menuju 2045.

Menurut dia, anggapan tentang Prabowo yang dinilai hanya meneruskan program-program Presiden Jokowi merupakan sebuah kekeliruan, karena semua program yang dibuat bersama tim merupakan hasil pertimbangan evaluasi dan proyeksi untuk Indonesia ke depan.

Selengkapnya baca di sini

5. Ganjar ikuti kirab budaya Nitilaku 2023 di Yogyakarta

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengikuti prosesi kirab budaya Nitilaku 2023 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Minggu.

Berdasarkan keterangan tertulis TPN Ganjar-Mahfud, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengikuti kirab budaya dengan mengenakan busana khas suku Adat Dayak Kalimantan. Alasannya, saat ini sedang dibangun Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Selengkapnya baca di sini
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023