Kami dari BPOLBF sendiri mendorong sebanyak mungkin adanya penerbangan masuk ke NTT seperti pulau Sabu, Rote, Alor dan Sumba serta Flores sehingga konektivitas ke sejumlah pulau itu bisa terbuka dan kunjungan wisatawan juga semakin banyak
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mengharapkan agar semakin banyaknya penerbangan dari berbagai maskapaik masuk ke wilayah NTT, semua daerah di provinsi itu semakin banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan.

"Kami dari BPOLBF sendiri mendorong sebanyak mungkin adanya penerbangan masuk ke NTT seperti pulau Sabu, Rote, Alor dan Sumba serta Flores sehingga konektivitas ke sejumlah pulau itu bisa terbuka dan kunjungan wisatawan juga semakin banyak," kata Dirut BPOLBF Shana Fatina saat dihubungi dari Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya menanggapi sudah beroperasinya maskapai penerbangan AirAsia ke Kupang yang tentunya diharapkan bisa membuka akses ke sejumlah kawasan wisata yang ada di pulau Timor dan sekitarnya.

Menurut dia, maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawatnya ke wilayah NTT mulai dari Kupang dan Labuan Bajo itu masih sangat minim. Karena itu ujar dia, mengingat potensi wisata di pulau Timor sangat banyak maka diperlukan pendistribusian wisatawan ke pulau Timor.

Lebih lanjut kata dia, untuk Labuan Bajo sendiri pihaknya membutuhkan kurang lebih 200 pesawat agar kunjungan wisatawan di daerah itu meningkat.

Tak haknya itu BPOLBF juga menargetkan per hari jumlah seat terisi bisa mencapai 3.000 seat. Saat ini per harinya hanya mencapai 1.800an seat.

"Tetapi itu kita masih cari caranya bagaimana apakah menambahkan pesawat atau dengan membuka beberapa airlines," ujar dia.

Saat ini, ujar dia, jumlah wisatawan yang datang ke Labuan Bajo sendiri baru mencapai 800an wisatawan. Kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah sampai akhir 2023 nanti mengingat saat ini sudah memasuki musim liburan.

"Kami juga sedang mengejar agar mobilitas kunjungan wisatawan tidak hanya ke Labuan Bajo tetapi seluruh NTT bisa mencapai 1,4 miliar mobilitas wisatawan," ujar dia.


Lebih lanjut, kata dia, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pihaknya juga pada 2024 menargetkan lebih banyak kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo. Salah satunya dengan meningkatkan pelaksanaan kegiatan berskala nasional.

"Kita harapkan tahun depan setiap bulan ada kegiatan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo," tambah dia.

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan waspadai cuaca saat berwisata di Labuan Bajo

Baca juga: BPOLBF: 800.074 turis kunjungi Labuan Bajo selama Januari-11 Desember

Baca juga: BPOLBF ajak pengelola medsos-jurnalis promosi pariwisata Labuan Bajo

Baca juga: Menparekraf sebut BPOLBF terbuka untuk koordinasi semua pihak

 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023