Hari Minggu pagi tanggal 24 Desember, CFD tetap ada
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan kebijakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada malam tahun baru atau car free night di kawasan Sudirman -Thamrin.

"Tanggal 31  akan dilaksanakan car free night di Sudirman - Thamrin mulai pukul 19.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Polda Metro Jaya, Senin.

Kebijakan car free nigt juga diberlakukan pada Minggu malam (24/11)  atau saat malam Natal, sedangkan sebelumnya pada pagi harinya CFD tetap diberlakukan di Sudirman-Thamrin.

"Jadi pada  Minggu  tanggal 24 Desember ada car free day pada pagi hari dan car free night pada malam hari," kata Syafrin.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengingatkan kepada warga mengenai pentingnya memakai masker dan mencuci tangan  terutama bagi kelompok rentan saat berlibur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Masyarakat yang ingin berlibur terutama kelompok rentan penting memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer (pembersih tangan) karena bisa mencegah dari penyakit menular pernapasan, pencernaan, dan juga polusi udara," kata Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ngabila Salama.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan sebanyak 4.041 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 mengantisipasi segala ancaman yang mungkin terjadi.

"Aparat gabungan terdiri atas Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Balai Polda Metro Jaya, Senin.

Karyoto menjelaskan pihaknya bersama TNI dan pemangku kepentingan lainnya telah menyelenggarakan rapat koordinasi perihal ancaman-ancaman yang mungkin terjadi sekaligus cara penanganan di lapangan.

Dia juga memfokuskan pengamanan beberapa tempat wisata dan rumah ibadah bahkan untuk rumah ibadah akan dilaksanakan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.
Baca juga: Dinkes DKI ingatkan pentingnya pakai masker saat berlibur
Baca juga: Masyarakat DKI diimbau bersiap hadapi dinamika cuaca akhir tahun

Baca juga: Ratusan acara meriahkan tahun baru di Jakarta
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023