...Apa yang dikerjakan oleh seluruh staf Bea dan Cukai di seluruh Indonesia itu terefleksi dalam kondisi ekonomi dan menjadi bagian dari APBN,
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengingatkan para pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk menjaga Indonesia dari peredaran barang-barang ilegal.

“Itu semua ada refleksinya di dalam kondisi perekonomian kita dan ada refleksinya di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) kita. Apa yang dikerjakan oleh seluruh staf Bea dan Cukai di seluruh Indonesia itu terefleksi dalam kondisi ekonomi dan menjadi bagian dari APBN,” kata Wamenkeu dalam kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal Bea Cukai Tahun 2023 di Kantor Pusat DJBC Kemenkeu, seperti dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Selain soal barang-barang ilegal, Wamenkeu juga meminta para pegawai Bea Cukai untuk merefleksikan pengelolaan lalu lintas barang masuk atau keluar daerah. Dia memberikan arahan agar pegawai Bea Cukai dapat membantu lalu lintas barang menjadi lebih mudah.

Baca juga: Bea Cukai Soetta ungkap kasus penyelundupan narkotika

Dalam kesempatan tersebut, Suahasil juga mengajak seluruh jajaran DJBC untuk menjadikan situasi damai dan sejahtera yang diterima setiap Natal menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat sepanjang tahun.

Menurutnya, Natal memberikan tiga kedamaian bagi manusia, yaitu kedamaian dengan Tuhan, diri sendiri, serta sekeliling manusia.

“Kalau kita sudah damai dengan ketiganya, kita juga harusnya damai dengan bekerja lebih baik, memberikan pelayanan lebih baik. Semoga ini bisa menjadi refleksi dan terima kasih kita karena kita sudah menjadi umat yang diselamatkan,” ujar dia.

Baca juga: Komitmen Bea Cukai Dukung Gerakan Antikorupsi

Di samping itu, Wamenkeu juga menyoroti dedikasi dan kepercayaan seluruh staf Bea dan Cukai hingga keluarga besar para staf untuk melepaskan anggota keluarganya dalam bertugas mengabdi untuk Indonesia.

“Ini adalah darmabakti kita. Dengan damai yang sudah diberikan Tuhan, kita refleksikan menjadi pelayanan lebih baik, lebih mudah dengan tetap berintegritas,” tutur Wamenkeu.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023