....Jadi, anak-anak Indonesia yang bersekolah di sini bisa mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak-anak Indonesia lainnya.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) menggunakan kurikulum berbasis nasional agar para siswa di sekolah tersebut mendapat pendidikan yang sama dengan anak-anak Indonesia lainnya.

“SIJ didirikan pada tahun 1964 dengan menerapkan kurikulum berbasis nasional. Jadi, anak-anak Indonesia yang bersekolah di sini bisa mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak-anak Indonesia lainnya,” kata Sri Mulyani di sela rangkaian pertemuan dengan Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah, Arab Saudi, seperti dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menkeu: Perempuan berperan strategis dalam pembangunan berkelanjutan

Dalam kesempatan itu, Menkeu juga berkesempatan menyaksikan keaktifan penerapan kurikulum berbasis nasional SIJ melalui lomba debat APBN yang telah beberapa kali diselenggarakan Kemenkeu.

Menurutnya, ini adalah bukti bahwa meski mengenyam pendidikan di luar negeri, kecintaan mereka terhadap tanah air tidak pudar, justru semakin ingin memberikan yang lebih baik.

Menkeu berharap para siswa SIJ bisa tetap tumbuh dengan semangat nasionalisme dan menjadi generasi yang akan terus membawa kebaikan dan kemajuan bagi Indonesia.

Selain mengunjungi Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), Menkeu juga bertemu dengan Presiden IsDB Muhammed Al-Jasser sebagai salah satu rangkaian agenda kunjungan.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas bagaimana peran Indonesia di dalam IsDB.

Baca juga: Menkeu terus mewaspadai ketidakpastian perekonomian global

Dikatakan Menkeu, Indonesia menawarkan beragam usulan serta solusi terkait beragam isu. Pembahasan mendiskusikan tiga jangka waktu: pendek (1-3 tahun ke depan), menengah (3-6 tahun ke depan), serta panjang (lebih dari 6 tahun ke depan).

“Upaya penguatan IsDB ini menjadi begitu mendesak, dikarenakan dinamika tantangan dunia serta masa depan yang penuh ketidakpastian. Bank pembangunan multilateral seperti IsDB memiliki peran kunci untuk mendukung reformasi serta mobilisasi sumber daya untuk menghadapinya,” ujar dia.

Bendahara Negara berharap diskusi tersebut dapat membawa kebaikan, baik bagi Indonesia maupun dunia.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023