Temanggung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mulai melakukan perakitan kotak suara Pemilu 2024.

"Mulai hari ini kami melakukan perakitan kotak suara yang akan digunakan untuk pemungutan suara pada 14 Februari 2024," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois di Temanggung, Senin.

Jumlah total kotak suara sebanyak 12.630, petugas atau pekerja yang melakukan perakitan sebanyak 30 orang dibagi menjadi tiga kelompok.

Ia menargetkan bisa merakit sebanyak 3.000 kotak suara per hari, sehingga perakitan bisa selesai dalam empat atau lima hari.

“Sejauh ini tidak ada kendala sejak dimulai pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Sekalian menyortir kalau ada yang rusak dan untuk sementara belum ditemukan kotak suara rusak. Apabila nanti kita temukan kotak suara dalam kondisi rusak akan kita laporkan, kemudian kita minta penggantinya," katanya.

Pihaknya akan menyalurkan kotak suara beserta kelengkapan ke tempat pemungutan suara (TPS) pada H-5 sebelum pemungutan.

"Kita kirim ke panitia pemilihan kecamatan (PPK), kemudian dari PPK nanti H-3 mengirim ke panitia pemungutan suara (PPS) tingkat desa. H-1 kita kirim ke TPS,” katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023