Tiket yang telah terjual sebanyak 33.043 atau 77 persen dari ketersediaan tempat duduk
Palembang, Sumsel (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III Palembang menyebutkan sebanyak 33.043 tiket kereta api (KA) masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 telah terjual atau 77 persen dari 42.732 tiket yang disiapkan.

Manajer Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti di Palembang, Sumsel, Senin, mengatakan pihaknya mengoperasikan KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP), KA Ekspres Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang (PP) dan KA komersial Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuk Linggau (PP) dengan menyediakan 42.732 atau 2.374 kursi per hari.

"Tiket yang telah terjual sebanyak 33.043 atau 77 persen dari ketersediaan tempat duduk. KA yang menjadi favorit masyarakat adalah KA PSO ekonomi Bukit Serelo dan KA PSO ekonomi Ekspres Rajabasa yang sudah habis terjual sampai tanggal 4 Januari 2023," katanya.

Ia menjelaskan pelayanan pembelian tiket kereta api masa libur tersebut sudah dibuka sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan KA, yakni mulai 6 November 2023 untuk jadwal keberangkatan pada 21 Desember 2023, sehingga masyarakat yang akan berlibur dapat merencanakan waktu perjalanannya dengan baik.

Lalu, pihaknya mengingatkan kembali agar penumpang kereta api teliti saat melakukan pemesanan, mulai dari mengisi tanggal keberangkatan, relasi tujuan, maupun memasukkan data diri, nama dan NIK yang tercantum dalam KTP/paspor maupun kartu keluarga harus sama, karena apabila terdapat perbedaan data diri dan ketidaksesuaian data saat melakukan boarding secara sistem tidak akan terbaca, sehingga yang bersangkutan tidak dapat melakukan perjalanan.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dikarenakan apabila sesuai identitas akan tercatat resmi dalam daftar manifes penumpang untuk kemudahan syarat pengurusan asuransi apabila terjadi hal di luar kehendak," jelasnya.

Bagi penumpang yang mengalami kesalahan input data diri pada saat boarding, katanya, dapat membatalkan tiket dengan membeli atau menjadwal ulang tiket di customer service atau loket stasiun dengan ketentuan apabila pada saat pembatalan waktu yang ditentukan masih berlaku, yaitu selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, apabila telah melewati batas waktu tersebut tiket yang ada tidak bisa digunakan dan calon penumpang dapat membeli tiket untuk hari itu apabila masih tersedia.

Sedangkan, bagi penumpang yang membeli tiket melalui aplikasi Acces, pembatalan tiket melalui aplikasi Acces by KAI dapat dilakukan selambat-lambatnya 2 jam sebelum keberangkatan.

"Kami mengimbau kepada para pengguna kereta api agar dapat merencanakan perjalanan sebaik mungkin agar liburan Natal-tahun baru ini merupakan liburan yang aman, nyaman dan berkesan," kata Aida.

Baca juga: KAI Palembang catat 22.670 tiket KA masa libur Natal telah terjual
Baca juga: KAI Palembang sediakan 40.248 tiket buat musim libur tahun baru
Baca juga: KAI bantu tiga unit kontainer sampah untuk Kota Palembang

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023