Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyatakan siap mendistribusikan logistik Pemilihan Umum 2024 ke sejumlah wilayah kepulauan.

"Kami memang lebih memprioritaskan distribusi logistik pemilu terutama di kepulauan wilayah Kabupaten Sumenep (Madura) yang memiliki 116 pulau," kata Ketua KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Ia menjelaskan KPU Jatim telah menerima logistik Pemilu 2024 berupa kotak suara, bilik suara, tinta suara, segel, hingga alat coblos. Sementara surat suara yang telah tercetak dan diterima KPU Jatim adalah untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Semuanya sudah kami terima dan saat ini tersimpan di masing-masing gudang logistik kabupaten/kota di Jatim," ujar Anam.

Baca juga: KPU Kota Madiun mulai rakit ribuan kotak suara Pemilu 2024

Sedangkan untuk surat suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi maupun DPR RI masih dalam proses cetak yang ditargetkan pertengahan Januari 2024 sudah diterima KPU Jatim.

Anam menargetkan surat suara untuk DPRD dan DPR RI pada pertengahan Januari 2024 sudah terkirim di gudang-gudang logistik KPU kabupaten/kota wilayah Jatim.

"Karena surat suara ini masih dibutuhkan sortir dan juga lipat sehingga kita memiliki cukup waktu sebelum didistribusikan," katanya.

Baca juga: KPU Jawa Timur ingatkan larangan tempat pemasangan APK Pemilu 2024

Menurutnya, distribusi logistik biasanya dilakukan menjelang hari H Pemilu 2024.

"Tapi, untuk distribusi ke kepulauan biasanya kita berikan waktu yang lebih lama karena kita juga memperhitungkan terjadinya cuaca buruk saat pengiriman ke kepulauan," ujarnya.

Anam menandaskan distribusi logistik pemilu ke kepulauan melibatkan koordinasi dengan kepolisian maupun Komando Armada II dengan pengiriman melalui jalur laut.

"Kepulauan di wilayah Kabupaten Sumenep jaraknya cukup jauh. Bahkan untuk beberapa pulau tidak ada jadwal rutin untuk kapal sehingga kita bekerja sama dengan Koarmada II untuk pengiriman melalui jalur laut," katanya.

Baca juga: KPU Jatim tentukan lokasi pemasangan APK Pemilu 2024
Baca juga: KPU Jatim siapkan 416 TPS lokasi khusus di Pemilu 2024

Pewarta: Willi Irawan/Hanif Nasrullah
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023