Pemalang (ANTARA) - Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah, melakukan kesiapan pengamanan di sejumlah objek wisata air untuk menghadapi masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Kepolisian Resor Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya di Pemalang, Selasa, mengatakan bahwa pengamanan itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pengunjung yang sedang menikmati masa libur, khususnya mereka yang berada di objek wisata air.

"Kami bersinergi dengan sukarelawan yang berperan sebagai penjaga pantai untuk melakukan pengawasan pada pengunjung yang berenang di pantai. Kami telah pasang bendera sebagai batas maksimal bagi pengunjung yang berenang di laut," katanya.

Menurut dia, sebagai bentuk kesiapsiagaan pengamanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pihaknya telah melakukan pengecekan sarana dan prasarana keselamatan di posko sukarelawan Pantai Joko Tingkir, Kecamatan Petarukan.

"Kami lakukan pengecekan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), ring buoy, dan life jacket di posko sukarelawan, semuanya dalam kondisi baik dan lengkap," katanya.

Ia yang didampingi Kepala Satuan Polisi Air dan Udara AKP Heru Irawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan kapal patroli dan perahu karet untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang menikmati libur di seluruh objek wisata air.

Objek wisata air di daerah itu, antara lain Pantai Widuri, Pantai Joko Tingkir, Blendung, dan Rainbow Rafting yang berada di wilayah Kecamatan Moga.

"Kami berkoordinasi dengan tenaga medis serta menyiapkan sarana kendaraan dan jalur evakuasi ke fasilitas kesehatan terdekat. Kami berharap dengan kesiapan ini dapat mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecelakaan air," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023