LoCa feed adalah produk pakan ikan yang membatasi pengaruh lingkungan yang berasal dari proses produksi...
Banjarmasin (ANTARA) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan produk pakan ikan dari maggot, yang memanfaatkan sampah organik sisa makanan menjadi pakan berprotein tinggi.
 
Maggot yang dihasilkan dari telur lalat hitam Black Soldier Fly (BSF) sangat aktif memakan sampah organik, proses biokonversi oleh maggot ini dapat mendegradasi sampah makanan lebih cepat, tidak berbau, dan larva dapat menjadi sumber protein yang baik untuk pakan ikan.
 
“LoCa feed adalah produk pakan ikan yang membatasi pengaruh lingkungan yang berasal dari proses produksi, pengolahan, persiapan, pengemasan, hingga limbah,” ujar Kepala Pusat Riset Perikanan BPPSDM Yayan Hikmayani dalam keterangan tertulis yang diterima di Banjarmasin, Selasa.
 
Produk ini merupakan hasil inovasi program OkeSobat (Olah Kembali Sisa Organik Makanan Bersama Magot) yang digelar di Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) Depok, Jawa Barat yang merupakan salah satu UPT BPPSDM.
 
Produk yang sudah dihasilkan LoCa Feed antara lain LoCa Feed Dried yaitu maggot kering yang diklaim dapat menjadikan ikan hias lebih sehat dan performa warna ikan lebih terang.
 
Produk lainnya, LoCa Feed Pelet, adalah formulasi dari berbagai bahan baku pilihan untuk dihasilkan performa kualitas suplemen pakan ikan hias terbaik.
 
Ada juga LoCa Feed Granul, yaitu produk turunan maggot varian granul yang sesuai untuk pakan benih ikan atau ikan hias berukuran kecil, baik untuk pertumbuhan dan perkembangan benih ikan. Terbuat dari 100 persen maggot.
 
Selain itu ada LoCa Feed Powder yaitu produk varian powder yang dapat digunakan langsung sebagai pakai ikan.
 
Terakhir ada LoCa Soil merupakan produk samping bekas budidaya maggot (LoCaSoil) sebagai pupuk penambah nutrisi pada tanaman yang bernilai gizi, bebas patogen, harga terjangkau dan ramah lingkungan dengan metode yang rendah emisi (Low Carbon).
 
Miniplant merupakan prototipe industrialisasi produksi pakan ikan LoCaFeed, dengan menghadirkan proses produksi pakan ikan berbasis bahan baku lokal yang ramah lingkungan dari hulu ke hilir.

Baca juga: Angkasa Pura gandeng pembudidaya maggot kelola sampah Bandara Semarang
Baca juga: Pertamina mengelola sampah di Kota Jambi jadi maggot pakan ternak

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023