Kota Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menanggapi sosok pengisi kursi Menteri Pertanian (Mentan) dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) di kabinetnya bila terpilih di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri "Food and Agriculture Summit III dan Dialog Calon Presiden RI 2024-2029" di IPB International Convention Center, Kota Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, Ganjar berdialog dengan akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengenai kedaulatan agromaritim sebagai fondasi utama untuk Indonesia Emas 2045.

"Ya siapa pun bisa mengisi, yang punya kompetensi," kata Ganjar saat menjawab apakah Mentan dan Menteri KP dalam kabinetnya merupakan akademisi, di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Sebelumnya, Ganjar juga telah menjawab soal kandidat-kandidat yang akan mengisi kursi menteri untuk mengurus ekonomi maupun hukum jika terpilih nanti.

"Kalau kandidat-kandidatnya cukup banyak karena banyak profesional yang bisalah kami ajak untuk di kabinet," kata Ganjar usai menghadiri dialog Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta, Senin (11/12).

Baca juga: Ganjar: Kenaikan cukai rokok mesti sejalan dengan kesejahteraan petani
Baca juga: KPU sebut pemilih ODGJ harus sertakan surat dokter saat ke TPS


Walaupun demikian, Ganjar mengaku belum menentukan nama-nama yang akan mengisi kursi menteri yang mengatur ekonomi maupun hukum.

"Kalau timnya kami (sudah) siapkan, kalau namanya belum. Nanti kami bicara dengan tim ya," kata pasangan calon wakil presiden Mahfud Md tersebut.

Ganjar memastikan bahwa kabinet dalam pemerintahannya nanti adalah kabinet zaken atau kabinet yang diisi oleh para ahli sesuai dengan bidangnya.

"Dan tentu saja zaken kabinet atau kabinet ahli itu memang penting, khususnya untuk ekonomi," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Gerakan Rakyat aktif kampanyekan gagasan dari AMIN di wilayah 3T
Baca juga: Gibran pertajam wawasan perekonomian hingga perkotaan jelang debat

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023