Posko sudah kita bentuk dan mulai siaga itu besok sampai dengan tanggal 3 Januari 2024
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres memprediksi dua puncak peningkatan penumpang selama libur akhir tahun yakni pada 22-23 Desember, sedangkan untuk tahun baru terjadi pada 28-29 Desember.

"Diprakirakan ada dua puncak peningkatan penumpang," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen di Jakarta pada Selasa.

Untuk itu, kata Revi, posko pengawasan terpadu di Terminal Kalideres mulai disiagakan mulai 20 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024.

"Posko sudah kita bentuk dan mulai siaga itu besok sampai dengan tanggal 3 Januari 2024," ucap Revi.

Revi menuturkan pada hari ini sudah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir sekaligus memeriksa kelaikan (ramp check)  armada bus.

"Sampai pukul 13.00 WIB tadi yang sudah diperiksa itu tujuh orang. Dinyatakan sehat enam orang dan satu orang tidak sehat," ungkap Revi.

Pada waktu yang sama, pihaknya juga  melakukan ramp check terhadap tujuh kendaraan.

"Layak jalan ada tiga kendaraan dan tidak layak jalan empat kendaraan," kata Revi.

Hingga kini Revi belum merinci yang akan dilakukan terhadap sopir yang tidak sehat serta kendaraan yang tidak layak jalan.

Sebelumnya, Revi mengatakan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir bus.

"Besok kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine pengemudi. Kita dibantu juga oleh Sudinkes Jakarta Barat, Dinas Kesehatan DKI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI serta PT Jasa Raharja," kata Revi pada Senin (18/12).

Pihaknya akan melakukan ramp check untuk memastikan kendaraan aman secara administratif dan secara teknis.

"Besok juga ada ramp check juga dari pengujian untuk 30 kendaraan rute Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera. Besok mulai dan juga kita siapkan," kata Revi.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) serta beberapa lembaga lain untuk melakukan ramp check tersebut.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023