Penghargaan diberikan oleh Prof. Dr. Mohamed Abdelsalam atas nama lembaga di atas
Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima RI Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri pada Selasa mendapat penghargaan dari Majelis Hukama Al Muslimin (MHM), Dewan Ahli-Bijak Muslim yang dipimpin oleh Imam Besar Al Azhar Mesir, Grand Syaikh Ahmed Tayyeb, atas kontribusi-nya di bidang kemanusiaan dan lingkungan.

"Majelis Hukama Al Muslimin, Dewan Ahli-Bijak Muslim yang dipimpin oleh Imam Besar Al Azhar Mesir, Grand Syaikh Ahmed Tayyeb, memberikan penghargaan kepada Ibu Megawati atas perannya menyuarakan kemanusiaan, keadilan gender, dan perubahan iklim," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mewakili Megawati di Roma, Italia dalam penerimaan penghargaan itu.

Menurut keterangan pers yang diterima ANTARA, penghargaan itu diberikan kepada Megawati yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), karena kontribusi dan perannya terhadap berbagai isu seperti menyuarakan kemanusiaan, kesetaraan gender dan perhatiannya terhadap lingkungan.

Baca juga: Megawati: Pemenang Zayed Award diumumkan Paus Fransiskus-Imam Al Azhar

Baca juga: Jadi juri Zayed Award 2024, Megawati diwawancara Radio Vatikan


Perwakilan Majelis Hukama Al Muslimin, Dewan Ahli-Bijak Muslim, Mohamed Abdelsalam menyerahkan langsung penghargaan itu kepada Megawati di Hotel de Russie, Roma, Italia, Selasa (19/12).

Turut mendampingi Megawati saat menerima penghargaan yakni Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Wakil Ketua MPR RI/Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, dan Zuhairi Misrawi.

Megawati pun terlihat tersenyum saat menerima penghargaan berupa plat yang dibungkus dengan box berwarna biru.

Zuhairi juga menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima Megawati itu merupakan apresiasi terhadap para pemimpin dan tokoh dunia yang konsisten dalam menyuarakan kemanusiaan, perubahan iklim, dan keadilan jender.

Baca juga: Megawati dapat dua buku dari Paus Fransiskus

"Penghargaan diberikan oleh Prof. Dr. Mohamed Abdelsalam atas nama lembaga di atas," jelas Zuhairi.

Acara penyerahan penghargaan itu pun ditutup dengan foto bersama-sama.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023