Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin ketersediaan stok dan kestabilan harga tabung gas LPG 3 kilogram (kg) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 aman dan terkendali.
 
"Jadi dapat saya sampaikan kembali, menjelang libur nasional ini, khususnya ketersediaan stok, pendistribusian dan kestabilan harga LPG tabung 3 kilogram untuk persiapan menghadapi Natal dan tahun baru dipastikan masih aman," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta Hari Nugroho saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Hari menyebutkan, pihaknya bersama PT Pertamina dan Hiswana Migas terus melakukan monitoring ketersediaan stok dan pendistribusian LPG tabung 3 kilogram ke agen dan pangkalan di DKI Jakarta dalam rangka persiapan menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Monitoring tersebut bertujuan untuk memastikan kebutuhan masyarakat akan LPG dapat terpenuhi terutama di hari besar keagamaan. Menurut Hari, seperti tahun sebelumnya ada peningkatan permintaan yang diikuti dengan kenaikan harga.
 
"Langkah selanjutnya kami sudah berkoordinasi dengan Pertamina dan Hiswana Migas untuk menjalankan program pangkalan siaga dengan dipastikan pangkalan-pangkalan tersebut harus tetap buka untuk melayani masyarakat selama libur nasional dalam hal ini saat libur Natal dan tahun baru," ujar Hari.

Baca juga: Harga gas 3 kg di agen dan pangkalan di DKI stabil jelang Natal
Baca juga: PGN mulai mengalirkan gas bagi 2.705 rumah tangga di DKI Jakarta
 
Hari menjelaskan bahwa hasil monitoring di beberapa agen dan pangkalan sampai saat ini untuk ketersediaan stok masih aman dan permintaan masyarakat terhadap LPG 3 kilogram tidak ada lonjakan yang signifikan.
 
"Apabila nantinya ada lonjakan, kami dan PT Pertamina telah mengantisipasi dengan mempersiapkan kuota fakultatif," kata Hari.
 
Terkait stabilitas harga, kata Hari, sampai saat ini harga di tingkat pangkalan masih sesuai dengan Pergub Nomor 4 Tahun 2015 tentang Harga Eceran Tertinggi LPG 3 kilogram. Untuk Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur seharga Rp16.000 per tabung.

Sedangkan untuk Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Rp18.500 dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara Rp19.500nper tabung.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023