Los Angeles (ANTARA) - NASA sedang bersiap meluncurkan misi baru yang akan mengamati area di antara bintang-bintang untuk membantu membuat peta 3D galaksi Bima Sakti.

Misi GUSTO, yang merupakan singkatan dari Galactic/Extragalactic ULDB Spectroscopic Terahertz Observatory, akan diluncurkan dari Ross Ice Shelf, dekat pangkalan penelitian Stasiun McMurdo milik National Science Foundation AS, paling cepat pada Kamis (21/12).

Jauh di atmosfer di atas Antartika, GUSTO, sebuah teleskop yang diterbangkan dengan balon, akan mengintip ke ruang di antara bintang-bintang yang disebut medium antarbintang.

GUSTO akan membantu para ilmuwan membuat peta 3D dari sebagian besar Bima Sakti dalam gelombang radio berfrekuensi sangat tinggi.

Menurut NASA, teleskop itu akan membantu para ilmuwan membuat peta 3D dari sebagian besar Bima Sakti dalam gelombang radio berfrekuensi sangat tinggi.

Dengan mengamati area seluas 100 derajat persegi, GUSTO akan mengeksplorasi berbagai fase medium antarbintang dan kelimpahan elemen kimia utama di galaksi tersebut.

"Dengan mempelajari Awan Magellan Besar (LMC) dan membandingkannya dengan Bima Sakti, kami akan bisa memahami bagaimana galaksi-galaksi berevolusi sejak alam semesta awal sampai kini," kata peneliti utama GUSTO, Chris Walker.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023