Iya nanti dalam dua minggu traktornya sudah sampai di sini. Sedangkan untuk pembangunan taludnya dimulai Januari 2024 mendatang
Kota Metro (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memberikan bantuan pembangunan talud dan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada petani di Desa Adijaya, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah.

Bantuan tersebut diberikan menanggapi usulan petani yang disampaikan saat Mentan Amran Sulaiman menemui para petani di areal persawahan Desa Adipuro, Kecamatan Trimurjo, Rabu.

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Adijaya Lampung Tengah, Madani, mengatakan areal persawahan di wilayahnya cukup luas dan memiliki produktivitas panen padi yang baik. Namun selama ini para petani terkendala pasokan air karena talud mengalami kebocoran sehingga aliran air ke sawah tidak merata.

"Dalam satu tahun itu kami tanam padi dua sampai tiga kali Pak Menteri, tapi ya itu kendalanya di pasokan air. Jadi kami mohon bantuan pembangunan talud ini, supaya pasokan air aman dan hasil panennya juga bagus," kata Madani.

Selain air, lanjut dia, para petani di wilayah tersebut juga terkendala kurangnya masin pengolah tanah atau traktor. Akibatnya, ketika memasuki musim tanam para petani harus menyewa traktor dari wilayah lain.

Baca juga: Mentan: Penanggulangan masalah petani kunci tingkatkan produksi pangan

"Yang masuk ke kami itu justru banyak traktor dari luar wilayah Pak. Karena sawahnya luas tapi alatnya kurang," ucap Madani.

Menanggapi keluhan tersebut, Mentan Amran Sulaiman langsung memerintahkan jajarannya untuk memberikan bantuan pembangunan talud sepanjang dua kilometer dan dua unit traktor tangan.

"Iya nanti dalam dua minggu traktornya sudah sampai di sini. Sedangkan untuk pembangunan taludnya dimulai Januari 2024 mendatang," kata Mentan Amran Sulaiman yang disambut tepuk tangan dari para petani.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan Amran Sulaiman mengatakan ke depan pihaknya akan menaikkan anggaran bantuan untuk para petani agar hasil panen bisa lebih baik untuk menyukseskan program swasembada.

"Anggaran rapat-rapat atau lainnya itu saya minta untuk dipangkas. Karena para petani itu yang panen, bukan Kementan. Jadi bantuan untuk petani akan naik," ujar Mentan Amran Sulaiman.

Baca juga: Mentan sebut penggunaan alsintan dapat percepat swasembada gula

Pewarta: Hendra K/Triono Subagyo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023