Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Barisan Pengusaha Pejuang (BPP) Saifudin H. S. yakin cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan unggul dari Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD saat debat kedua cawapres Pemilu 2024 pada Jumat (22/12).

Dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, Saifudin mengatakan ada sejumlah faktor yang membuat Gibran bisa unggul dari lawannya dalam debat, salah satunya yakni pengalaman Gibran sebagai wali kota Surakarta.

"Dari tiga kandidat cawapres yang ada, hanya Mas Gibran yang pernah melakukan debat saat bertarung di Pilkada Kota Surakarta. Arena ini belum pernah dilakukan oleh Cak Imin dan Pak Mahfud, sekali pun pernah menjadi menteri," kata Saifudin.

Baca juga: Gerindra pastikan Gibran akan beri kejutan pada debat cawapres

Kedua, menurut dia, Gibran telah mengangkat kondisi perekonomian Kota Surakarta. Oleh karena itu, Saifudin menilai tema debat kedua yang seputar isu ekonomi sudah menjadi makanan sehari-hari Gibran di Surakarta.

"Namanya wali kota, pasti yang diurus itu soal ekonomi rakyat, keuangan, pajak, tata kelola APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan. Sehingga, hal semacam ini sudah menjadi makanan sehari-hari Mas Gibran selama memimpin Surakarta," tambahnya.

Keunggulan yang ketiga, sambung Saifudin, Gibran memiliki latar belakang sebagai seorang pengusaha, sehingga dia berkaitan dengan ekonomi, khususnya di sektor keuangan.

Keempat adalah soal usia. Saifudin mengatakan perbedaan mendasar antara Gibran dengan dua cawapres lain adalah usia yang masih tergolong muda.

Baca juga: TKN optimistis Gibran mampu unggul pada debat kedua Pilpres 2024

Dengan usia yang lebih muda, Saifudin yakin putra sulung Presiden Joko Widodo itu lebih melek teknologi daripada Muhaimin dan Mahfud. Faktor usia juga membuat generasi milenial dan generasi Z merasa terwakili oleh Gibran.

"Sebagai generasi milenial, tentu Mas Gibran lebih melek teknologi dibandingkan Cak Imin dan Pak Mahfud. Inilah yang kemudian membuat anak muda merasa yakin bahwa Mas Gibran bisa menjadi pemimpin di era kecanggihan teknologi," ujarnya.

BPP merupakan kelompok relawan yang dipimpin oleh Bobby Nasution, adik ipar Gibran, sebagai ketua umum dan Akbar Himawan Buchari sebagai ketua Dewan Pembina.

BPP mendeklarasikan dukungan mereka terhadap pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabumingraka di Djakarta Theater, Jakarta, pada tanggal 8 November 2023.

Baca juga: Gibran pertajam wawasan perekonomian hingga perkotaan jelang debat

KPU telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 itu akan menghadapi debat yang akan berlangsung lima kali selama masa kampanye.

Debat kedua untuk cawapres dijadwalkan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 di JCC Senayan, dengan topik terkait ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, hingga APBN.

Baca juga: Ketua TKN: Gibran sangat siap hadapi debat cawapres

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023